Warga Pekanbaru Resah Kawanan Monyet Ekor Panjang Masuk ke Pemukiman

monyek-masuk-pemukiman-warga.jpg
(Rahmadi Dwi)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Warga RT 01 RW 18 Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, diresahkan dengan kemunculan kawanan monyet ekor panjang yang kerap mengganggu dan memakan hasil tanaman warga.

Sekumpulan monyet ekor panjang masuk ke pemukiman warga diduga karena persediaan makanan menipis di hutan. Warga di Jalan Budidaya, Gang Budiniyah diresahkan dengan munculnya gerombolan monyet yang kerap masuk ke dalam rumah warga untuk mencuri makanan.

Ketua RT 01, Aci Kuncoro, mengatakan, belasan ekor monyet setiap pagi dan sore hari selalu muncul dari balik semak tidak jauh dari Gang Budiniyah, Rabu, 17 Februari 2021.

“Kemunculan monyet ini sudah lama ada di sini, mungkin karena di sini banyak makanan makanya mereka berkeliaran di sini, sekarang masyarakat mulai resah karena monyet kerap mengganggu dan ada warga yang digigit monyet,” ucapnya.


Aci menuturkan, warga kemudian meminta bantuan kepada Dinas Pemadam Kebakaran untuk menghalau kawanan monyet agar tidak memasuki pemukiman warga, namun gerombolan monyet ekor panjang tersebut tetap kembali memasuki pemukiman.

“Kemudian disurati ke BKSDA dan tiba ke lokasi untuk memasang perangkap di semak-semak tempat monyet biasa tinggal, sempat ada yang tertangkap namun berhasil lolos dari perangkap,” jelasnya.

Selanjutnya, masyarakat meminta kepada pihak terkait untuk mengusir kawanan monyet dari pemukiman warga karena dikhawatirkan gerombolan monyet membawa virus rabies.