Sistem Bermasalah, APBD Kuansing Belum Bisa Digunakan, Pembayaran Terkendala

Uang-tunai.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sampai dengan pertengahan Februari 2021, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau masih belum bisa digunakan. Padahal APBD Kuansing Tahun Anggaran 2021 sudah disahkan sejak akhir November 2020 lalu.

Asisten III Setda Kuansing, Agusmandar mengatakan, APBD Kuansing 2021 masih sedang proses penginputan ke Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). "Sistem ini langsung link ke Kemendagri," ujar Dia, Senin kemarin, 15 Februari 2021.

Dia mengatakan, setelah proses penginputan ini selesai baru bisa diterbitkan DPA untuk digunakan oleh seluruh OPD. "Kalau perkiraan semestinya pertengahan atau minggu ketiga Februari ini sudah selesai. Dan paling lambat awal Maret DPD sudah ditandatangani," katanya.

Namun hingga saat ini DPA tersebut masih belum terbit karena adanya kendala dalam penginputan di SIPD. "Ada kendala di Sistem, dan pegawai sudah sampai tengah malam menginput," katanya.

 

Dengan belum bisa digunakannya APBD 2021 berdampak terhadap kegiatan di Kuansing termasuk pembayaran tunjangan bagi pegawai di lingkungan Pemkab Kuansing. "Kalau pelayanan rutin tetap jalan, tapi kegiatan belum," katanya.