Yuk Gabung Amartha Biar Dapat Pinjaman, Caranya Mudah, Bayarnya Murah

Mitra-Amartha2.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perusahaan teknologi finansial peer-to-peer lending  PT Amartha Mikro Fintek hadir di Indonesia sejak tahun 2010. Amartha sendiri memiliki mimpi mewujudkan kesejahteraan merata bagi masyarakat piramida terbawah di Indonesia. 

 

Manager Amartha Area Pekanbaru, Arpan Oloan Siregar mengatakan, sejak 2010 di Indonesia, Amartha fokus melayani segmen ultra mikro yang belum terjangkau akses layanan keuangan formal. 

 

Di Pekanbaru sendiri, Amartha sudah ada sejak  2019 dan resmi beroperasional pada Mei 2020. "Kehadiran kita di Riau fokus untuk membantu ibu-ibu, pelaku usaha mikro. Kenapa segmennya kaum perempuan, karena porsi ibu-ibu sangat potensial dalam mendorong bangkitnya perekonomian khususnya saat pandemi COVID-19 ini," jelasnya. 

 

Arpan juga mengatakan, jika ada perempuan terutama ibu-ibu yang ingin membuka usaha, maka cara pertama yang harus dilakukan adalah ibu-ibu calon peminjam yang disebut mitra harus membentuk kelompok. Dalam satu kelompok ini, minimal delapan orang. 


 

Setelah dibentuk kelompok dan isi data, petugas Amartha melakukan verifikasi data. Calon mitra yang lolos credit scoring akan ditampilkan di marketplace amartha.com dan siap didanai oleh lender. 

 

"Lender memilih sendiri dan mendanai mitra yang tersedia di marketplace. Nanti tim Amartha yang akan memberikan dana dari lender tersebut ke masing-masing anggota kelompok sebanyak empat juta," jelasnya. 

 

Lebih lanjut, Arpan menjelaskan, dari masing-masing anggota, dapat empat juta untuk memulai usaha. Setelah 55 minggu, tim Amartha akan mengoreksi ulang, apakah mitra tersebut bisa layak kembali mendapatkan pinjaman di Amartha dengan jumlah nomilan lebih besar. 

 

 

"Setelah 55 minggu, kita evaluasi kembali. Bagi ada yang belum membayar, maka akan dibantu oleh teman sekelompoknya untuk menutupi sementara," pungkasnya.