Lubang Semburan Gas di Ponpes Al-Ihsan Ditutup Pakai Suntikan Lumpur

Pondok-Pesantren-Al-Ihsan5.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Tim Energi Mega Persada (EMP) Bentu saat ini sedang menyiapkan logistik atau material untuk melakukan penutupan lubang semburan gas, Sabtu, 6 Februari 2021.

“Saat ini Tim EMP Bentu sedang menyiapkan logistik guna melakukan penyuntikan untuk menutup lubang gas ini,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Riau, Indra Agus Lukman.

Kadis ESDM, menjelaskan, penutupan lubang gas bisa dilakukan jika intensitas semburan gas sudah berkurang atau hilang.

“Untuk saat ini dibiarkan keluar dulu hingga gasnya keluar semua. Jika sudah nanti akan dilakukan penyuntikan lumpur untuk menutup rongga-rongga yang mengeluarkan gas,” jelas Indra.

 


Pondok Pesantren Al-Ihsan20

Suasana Ponpes Al-Ihsan Ditinggalkan Pengurus dan Santri/RAHMADI DWI/Riau Online

 

Semburan gas di kawasan Pondok Pesantren Al-Ihsan, Jalan Abdul Rahman Hamid, Kecamatan Tenayan Raya, masuk ke dalam wilayah kerja EMP Bentu.

“Wilayah ini masuk wilayah kerjanya EMP Bentu,  ada sumur gas EMP Bentu disini cuman jaraknya jauh,” kata Kadis ESDM Riau.

Nantinya setelah dilakukan penutupan lubang gas, akan dilakukan uji seismik untuk melihat apakah masih terdapat kandungan gas di bawah tanah.

Kejadian semburan gas di Ponpes Al-Ihsan bermula ketika ada penggalian sumur untuk mencari mata air, setelah beberapa ratus meter melakukan pengeboran tiba-tiba muncul semburan gas dari bawa tanah. Akibat kejadian tersebut, pengurus pesantren mengevakuasi puluhan santri ke tempat lebih aman.