Wakil Ketua MUI Pekanbaru Ajak Warga Vaksinasi

Prof-Dr-H-Akbarizan.jpg
(Gagasan UIN Suska Riau)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru, Akbarizan mengimbau masyarakat terlebih umat muslim bersedia divaksinasi.

Akbarizan mengaku sudah menjalani vaksinasi bersama sejumlah tokoh di Pekanbaru pada Kamis, 14 Januari 2021. Hingga kini tidak ada efek samping.

"Kalau saya dianggap sebagai tokoh ulama di Pekanbaru, saya sudah mengambil sikap dan resiko. Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada apa-apa dan masih aman," ujarnya Jumat, 22 Januari 2021.

Ia mengatakan, vaksin Sinovac sudah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sertifikasi halal MUI pusat.


Ia meminta masyarakat melihat efek yang ditimbulkan pandemi Covid-19 ini dan mempertimbangkan vaksinasi sebagai salah satu upaya penyelesaian.

"Umat harus berfikir ulang agar pandemi segera berakhir, kasihan saya anak-anak tidak sekolah, ekonomi hancur, shalat berjarak-jarak, pengajian juga kena. Panjang kajiannya, dan saya sudah ambil keputusan untuk divaksin," ucapnya.

Tak menampik adanya faktor bisnis dibalik vaksinasi, ia mengembalikan hal tersebut ke pertimbangan masyarakat.

"Tentu ada politik anggaran dan juga politik bisnis di situ, itu biasa. Silahkan ditimbang dengan sikap masing-masing," ungkapnya.

Masyarakat sendiri dijadwalkan akan mendapatkan jatah vaksinasi di bulan April mendatang. Sementara itu bulan Januari hingga Maret dijadwalkan vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan pekerja sektor publik.