Gesa Vaksinasi Nakes, M Noer: Tidak Ada Lagi Alasan Tunda

M-Noer.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim vaksinasi Covid-19 menggesa proses vaksin di setiap layanan kesehatan pada akhir pekan nanti. Apalagi mereka sudah menyebar vaksin ke rumah sakit.

Saat ini hampir 500 tenaga kesehatan di Kota Pekanbaru sudah disuntik vaksin Covid-19. Ada 423 tenaga kesehatan disuntik vaksin hingga, Kamis 21 Januari 2021, sore.

Jumlah ini jauh dari total jumlah tenaga kesehatan yang bakal disuntik vaksin pada tahap awal yakni sebanyak 5.510. Artinya, 5.087 orang tenaga kesehatan belum disuntik vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer mengaku bahwa dirinya sudah berupaya melakukan langkah percepatan suntik vaksin bagi tenaga kesehatan.


Ia sudah memberi instruksi ke jajaran di Dinas Kesehatan dan puskesmas menuntaskan vaksinasi bagi anggotanya yang siap vaksin. "Tidak ada lagi alasan nanti tunda, tidak ada menunggu-nunggu," ujarnya, Kamis malam.

Menurutnya, tenaga kesehatan tidak cuma mencakup tenaga medis. Mereka yang bekerja di unit layanan kesehatan juga menjadi sasaran program vaksinasi tahap awal.

Noer optimis seluruh tenaga kesehatan bisa disuntik vaksin tahap awal ini. Dari 312 orang yang mendaftar hari itu, 153 di antaranya sudah disuntik vaksin. Sedangkan yang ditunda sementara mencapai 159 orang tenaga kesehatan.

"Ini luar biasa dari sebelumnya, ada penambahan sebanyak 153 pada hari ini," kata Noer.

Pihaknya juga mengingatkan agar memprioritaskan tenaga kesehatannya. Sedangkan tenaga kesehatan lain dari rumah sakit bisa mendapat suntik vaksin di layanan kesehatan lainnya.