Tak Tangani Pasien, 26 Nakes RSUD Teluk Kuantan Positif Covid-19, Keluyuran?

Pasien-Corona84.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Selama pandemi sebanyak 26 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau terkonfirmasi positif Covid-19. Dari analisa pihak RSUD Teluk Kuantan tidak satupun nakes terpapar dari pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD.

"Analisa kita kemungkinan mereka (tenaga kesehatan,red) terkena Covid-19 dari luar. Karena nakes yang berada di ruang isolasi sejauh ini belum ada terkena Covid-19," ungkap Direktur RSUD Teluk Kuantan, M Irvan Husin, dihubungi Riau Online, Kamis, 21 Januari 2021.

Menurut Irvan, tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut mereka tidak langsung menangani pasien Covid-19. "Ada perawat dan ada juga dokter, sebagian besar sudah sembuh dan ada beberapa yang masih isolasi, nanti kita lihat datanya," kata Irvan.

Nakes maupun dokter yang setiap hari memeriksa pasien Covid-19 mereka tidak ada yang terkena karena sudah dilengkapi APD. "Buktinya dokter setiap hari yang memeriksa pasien covid-19 nggak pernah kena, yang kena itu kena di luar tempat tugas," katanya.  

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi agar nakes di RSUD tidak terpapar, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan melakukan pengawasan dan sidak.


"Kita sudah buat pengawasan dan ada sidak-sidak kita lakukan di tiap ruangan. Setiap yang masuk ke RSUD itu wajib pakai maskes dan mengikuti protokol kesehatan," pungkasnya,