Ternyata, Masih Banyak Nakes yang Belum Divaksin, Alasannya Sederhana

ilustrasi-perawat2.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Sekretaris Tim Persiapan Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19 Kota Pekanbaru, Azwan mengatakan, jumlah vaksin yang tersedia bagi tenaga kesehatan mencapai 11.020 dosis.

 

Azwan menyebut pada tahap awal tenaga kesehatan jadi prioritas pemberian vaksin. Pelaksaan vaksin di Kota Pekanbaru menyebar di 53 titik. Ada 261 petugas vaksinator siap melakukan proses vaksinasi.

 

Jumlah tenaga kesehatan di Kota Pekanbaru yang mendapat suntik vaksin Covid-19 saat ini baru mencapai 162 orang. Proses vaksinasi bagi tenaga kesehatan sudah berlangsung sejak Jumat pekan lalu.

 

Jumlah ini jauh dari total tenaga kesehatan yang bakal mendapat suntik vaksin tahap awal. Ada 5.510 orang tenaga kesehatan bakal mendapat vaksin untuk tahap pertama.


 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer menyebut,vaksin sudah disalurkan sesuai kebutuhan di setiap puskesmas. Ada juga kita siapkan vaksin untuk tambahan sebagai cadangan.

 

Ia mengatakan, banyaknya tenaga kesehatan yang belum disuntik vaksin karena tensi tinggi saat hendak disuntik. Proses penyuntikan vaksin pun tertunda. "Jadi kondisi kesehatan para nakes juga diperiksa kembali saat hendak divaksin," ujarnya, Rabu 20 Januari 2021.

 

Menurutnya, tenaga kesehatan yang disuntik vaksin harus terdaftar dalam aplikasi. Tenaga kesehatan yang mendapat suntik vaksin tidak cuma tenaga kesehatan di layanan kesehatan pemerintah.

 

Mereka yang bertugas di layanan kesehatan luar pemerintah juga mendapat suntik vaksin.

 

Noer menyebut bahwa saat ini pemberian vaksin berlangsung di puskesmas. Vaksin pun didistribusikan ke puskesmas sesuai kebutuhan. Ada 155 orang petugas menyebar di 31 titik rumah sakit. Ada 105 orang menyebar di 21 puskemas.