Untung Tak Meledak!, Ternyata Pekerja Sempat Cuci Granat yang Ditemukan

granat.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Karena tidak mengetahui bahaya yang ditimbulkan, granat nenas yang ditemukan pekerja di Kabupaten Rokan Hulu, sempat dicuci.

Pekerja material sempat mencuci granat nenas aktif tanpa mengetahui akibat yang ditimbulkan jika granat tersebut meledak.

Tim Gegana Brimob Polda Riau, kemudian turun ke lokasi dan menjinakkan sekaligus musnahkan granat tersebut, Kamis, 21 Januari 2021.

Setiba di lokasi,dan diperiksa oleh Tim Brimob, ternyata granat masih aktif dan kondisinya sudah cukup tua dan berkarat.

Menghindari adanya korban akibat ledakan yang ditimbulkan, Tim Gegana memindahkan granat tersebut ke lolasi yang aman dan jauh dari maysarakat, untuk dimusnahkan.


Kapolda Riau, Irjen Agung Setia Imam Effendi, mengatakan, granat tersebut langsung dimusnahkan di lokasi.

“Iya granat tersebut langsung dimusnahkan di lokasi,” ucap Kapolda Riau.

Diberitakan sebelumnya, pekerja material pasir batu (sirtu), yang berada di Desa Kota Intan, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, temukan bahan peledak Granat Nanas, dari dalam lumpur.

Granat nenas itu ditemukan oleh pekerja di PT. IPB pada hari Selasa 19 Januari 2021, sekitar pukul 17.00 WIB. Ketika  pekerja itu sedang berada di bagian penyaringan sirtu dan lumpur.

Pekerja tersebut melihat segumpal tanah, yang bentuknya mencurigakan. Ia kemudian mengambil gumpan tamah tersebut  kemudian pecah, dan terlihat ada besi berbentuk bulat, menuerupai granat.

“Setelah melakukan olah TKP, lokasi ditemukannya diduga Granat Nanas itu dipasang Police Line, kemudian barang yang diduga Granat Nenas tersebut telah dilakukan penanganan lebih lanjut oleh  Gegana Brimob Polda Riau, sesuai dengan SOP dan ketentuan yang berlaku," ujar Kapolres Rohul, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat.