Tips Ampuh Hindari Covid-19 Ini Jarang Dilakukan Tiap Orang

Senam-untuk-pasien-OTG.jpg
((KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO))

RIAUONLINE, PEKANBARU- Banyak cara dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini dapat mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Hal ini bisa melindungi diri dan juga orang sekitar.

 

Upaya pencegahan juga digalakkan oleh otoritas kesehatan setempat. Ada upaya penyuluhan seperti mematuhi protokol kesehatan 4M. Masyarakat harus memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

 

Masker dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakannya kepada orang lain. Namun mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari Covid-19. Sehingga harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan.

 

Hal yang sama dikatakan Nugradi dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Menurutnya, untuk menjaga kebersihan tangan tidak bisa disepelekan.

 

Ia menilai bahwa kebanyakan orang beranggapan dengan memakai hand sanitizer dapat mencegah virus. Namun itu bukan cara yang cukup ampuh.


 

"Hand sanitizer adalah langkah darurat dimana kita tidak menemukan sabun cuci tangan dan air mengalir," terang Nugradi saat pencanangan vaksin Covid-19 di Kota Pekanbaru.

 

Menurutnya, hand sanitizer tidak melunturkan virus di tangan, hanya pencegahan sementara.

 

"Lebih baik mencuci tangan dengan sabun. Kita jarang membawa sabun cuci tangan kemana-mana, tapi itu cara yang cukup ampuh," ulasnya.

 

 

Ia berharap masyarakat lebih disiplin lagi dalam menetapkan prorokol kesehatan agar bisa menekan angka penyebaran Covid-19.