Awal Tahun 5 Kasus DBD Muncul di Kuansing, Dinkes Minta Warga Waspada

Nyamuk-Aedes-Aegypti4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Awal tahun ini terdapat 5 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) muncul di Kabupaten Kuansing, Riau. Semuanya terdapat di wilayah Kecamatan Kuantan Tengah.

"Awal tahun ini ada 5 kasus DBD di Kuansing. Semuanya di Kecamatan Kuantan Tengah," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kuansing, Jumardi kepada Riau Online, Rabu, 20 Januari 2021 kemarin.

Jumardi mengimbau agar masyarakat untuk selalu mewaspadai penyakit DBD ini. Ditambah saat ini musim hujan masih berlangsung.

"Kita minta warga gencar melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk)," katanya.


Pihaknya sudah meminta agar semua Puskesmas untuk membuat imbauan dan menyurati semua desa dan kelurahan untuk mewaspadai DBD. Serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk giat melakukan PSN.

"Biasanya setelah musim hujan ke musim kemarau perkembangbiakan nyamuk ini banyak, jadi kita minta warga untuk gencar lakukan PSN," harapnya.

Karena untuk mengantisipasi dan mencegah DBD terjadi, warga diminta mengoptimalkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan mengubur, menutup dan menimbun (3M) barang-barang bekas.

Dinkes juga mengajak masyarakat untuk selalu giat melakukan gotong royong membersihkan tempat penampungan air dan menutup tempat penampungan air supaya nyamuk tidak lagi bisa bersarang di sana.