Relawan Nusantara Pekanbaru Gelar Pelatihan Penyelamatan Dalam Air

rescue.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Relawan Nusantara regional Pekanbaru mengadakan kegiatan kampus relawan dengan tema materi water rescue. Kegiatan ini diadakan selama dua hari di destinasi wisata Pulau Cinta, Desa Teluk Jering, Kabupaten Kampar dengan jumlah peserta 18 orang.

Koordinator Relawan (Korel), Putri Astusi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program relawan nusantara regional Pekanbaru yang bertujuan untuk menambah wawasan relawan tentang aksi penyelamatan di dalam air.

“Untuk menambah skill juga jika nantinya di Riau terjadi bencana,” katanya, Senin, 23 November 2020.


Putri juga mengatakan, kegiatan ini tentu saja menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antara masing-masing relawan.

Untuk materi water rescue sendiri, Putri menjelaskan, selain materi dibarengi juga dengan simulasi yang disampaikan oleh Delsem Fabel Puga dari Basarnas Pekanbaru. Materi yang disampaikan dimulai dari metode penyelamatan korban di air dengan menggunakan lima tahapan.

Lima tahapan ini biasa disingkat dengan Raech, Throw, Row, Go, Tow/Carry (RTRGT) dan ditutup dengan simulasi penyelamatan korban dalam air.

“Penyelamatan korban dalam air ini menggunakan metode defense and release,” pungkasnya.