Mengenang Himron Saheman, Sosok Veteran Penuh petuah

HImron-Saheman.jpg
(Dok: Riyan Nofitra)

Laporan: Sigit Eka Yunanda

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepergian veteran kemerdekaan Himron Saheman menyisakan duka mendalam tidak hanya bagi keluarga namun juga kerabat dan handai taulan. Sosoknya diketahui merupakan suri tauladan bagi orang-orang sekitarnya.

Sosok Himron diketahui merupakan veteran yang sangat berjasa dalam dunia kemiliteran di Riau. Selain merupakan tokoh pejuang kemerdekaan 45, Beliau juga saksi sejarah Rengat berdarah yang terjadi pada Agresi Militer II, 5 Januari 1949.


Sosok beliau diketahui merupakan sosok yang ramah dan tak jarang memberi petuah. Hal ini seperti dituturkan sekretaris DPH Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Khaeruddin Al-Young Riau yang juga merupakan cucu dari mantan Gubernur Riau ke-4 Subrantas saat berkunjung ke rumah duka.

"Almarhum sosok tauladan yang sering memberi petuah perjuangan pada kami yang muda-muda ini" ujar beliau.

Selain itu Almarhum juga diketahui seorang patriot yang sangat mencintai Indonesia bahkan hingga akhir hayatnya.

"Eyang selalu menceritakan cerita perjuangan, ingat setiap momen-momen bersejarah, sesekali memberi komentar pada situasi politik nasional," ujar menantu dari cucu beliau, Uca.

Sosok beliau secara rinci dapat dibaca pada sejumlah buku diantaranya pada Biografi Kolonel Inf. (Purn) H. Himron Saheman Perjuangan Tiada Mengenal Akhir, karangan Marwoto Saiman,dkk terbitan Unri Press pada 2003.