Hanya Ratusan Pejuang Veteran di Riau yang Berhasil Didata

Kursi-roda-untuk-veteran.jpg
(Ridhatul Hayati)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berdirinya republik ini tak lepas dari jerih payah dan pengorbanan para pejuang veteran. Termasuk di Provinsi Riau, diperkirakan ada ribuan veteran pejuang.

Banyak di antara mereka merupakan pejuang pada masa pembantaian terhadap rakyat Rengat, Tanjung Kilang Durai Kabupaten Indragiri.

Termasuk juga peristiwa Bagansiapi-api lautan api dan ribuan peristiwa heroik lainnya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Riau.

Dari ribuan pejuang veteran, ternyata hanya ratusan orang saja yang berhasil didata. Jumlah itupun terus berkurang dari tahun ke tahun.

Seperti dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, Dahrius Husein. Ratusan pejuang veteran ada yang meninggal dunia karena usia yang telah senja dan ada pula karena penyakit yang diderita.

"Untuk tahun 2018 ini jumlahnya 377 para pejuang veteran kita," katanya, Sabtu, 4 Agustus 2018.


Meskipun hanya tinggal ratusan pejuang saja, rasa hormat yang diberikan oleh daerah tidak pernah surut dan padam. Bentuk penghormatan dari pemerintah itu berupa sagu hati yang langsung ditransfer ke rekening pejuang atau keluarga yang mewakili.

Walaupun, dirinya sadar bahwa penghargaan yang diberikan itu tidak sebanding dari perjuangan yang telah mereka lakukan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Walaupun sagu hati itu tidak terlalu diharapkan oleh pejuang kita, rasa hormat dan kebersamaan kita tetap akan ada pada tanggal 17 Agustus nanti saat acara ramah tamah," imbuhnya.

Dahrius kembali berkata bahwa, pihaknya juga tengah berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan jumlah sagu hati itu dari tahun ke tahun.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id