Bupati Meranti Inginkan SDGs Sasar Pendidikan dan Infrastruktur Pulau Terpencil

Ilustrasi-Sekolah.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Agar tercipta pembangunan yang berkeadilan, damai dan berkelanjutan di Kepulauan Meranti, Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir menginginkan Reaksi Akai Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkerlanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pemprov Riau mampu menyasar dunia pendidikan dan infrastruktur di wilayahnya.

"Yang dibutuhkan di Meranti itu ialah pendidikan dan infrastruktur hingga sampai ke pulau-pulau terpencil," katanya di Hotel Aryadutha, Kamis, 12 Juli 2018.

Selain itu, program yang diklaim pertama di Indonesia ini juga hendaknya mampu menyasar masyarakat terdalam di Meranti agar dapat merasakan hadirnya negara di kehidupan keseharian mereka.

"Juga dapat memberikan kesempatan kepada suku terasing agar mereka nantinya mendapatkan akses ekonomi, pendidikan sampai kesehatan. Sehingga, angka kemiskinan Meranti yang kini telah turun dalam dua tahun terakhir dibawah 25 persen, menjadi 28 persen," tandasnya.

Sebelumnya, Meskipun baru didukung oleh tiga dari 12 Kabupaten dan Kota yang ada di Riau, program Reaksi Akai Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkerlanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pemerintah Provinsi Riau yang diklaim pertama di Indonesia akan menyasar pasar Rumah Layak Huni (RLH).


Baca juga Dompet Duafa Bantu 200 Unit RLH Untuk Program SDGs Pemprov Riau

"Meskipun nanti akhir Agustus semua Kabupaten dan Kota sudah memiliki rencana aksi daerahnya, program Rumah layak huni (RLH) misalnya akan kita coba," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau (Bapeda), Rahmad Rahim di hotel Aryadutha, Kamis, 12 Juli 2018.

Bersama Dompet Dhuafa (DD), program RLH yang diperkirakan akan berjalan selama lima tahun akan mereka percepat menjadi empat tahun.

"Mungkin Dompet Dhuafa bisa bantu 200 unit RLH dengan target lima tahun. Jadi bisa dipercepat menjadi empat tahun. Itupun kalau banyak sumber dananya," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id