Waspadai Potensi Titik Panas Mulai Juni 2018, BMKG: Sudah Terpantau di Riau

Ilustrasi-Titik-Panas.jpg
(TRIBUNNEWS.COM)

RIAU ONLINE - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan Indonesia akan mengalami musim kemarau yang cukup panjang pada tahun ini.

Sebab itu, Deputi Klimatologi BMKG, Herizal, mengimbau perlunya kewaspadaan terhadap potensi peningkatan titik panas mulai Juni 2018. Bahkan, Herizal menyebutkan, beberapa titik panas sudah terpantau di Riau.

"Sekarang masih masa transisi. Memang sudah terpantau beberapa titik panas di Riau, tidak banyak. Kita perlu waspada pada Juni 2018," kata Herizal di BMKG Stasiun Bukit Kototabang, Palupuh, Agam, Rabu, 2 Mei 2018, seperti dikutip dari Suara.com.


Wilayah yang perlu diperhatikan terkait potensi peningkatan suhu yang memicu timbulnya titik panas ini adalah Riau dan Sumatera Utara. Namun, diperkirakan Herizal, kondisi musim kemarau di 2018 tidak akan seekstrem pada 2015.

"Kewaspadaan tidak justru ditingkatkan saat kondisi kering saja, tapi dari sekarang sudah harus dicegah dan menjauhi tindakan yang dapat memicu kebakaran lahan seperti yang terjadi di 2015 lalu," katanya.