RTRW Riau tak Kunjung Tuntas, Pemprov Riau Sebut Dua Menteri Ini Akan Membantu

Ilustrasi-RTRW.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris daerah (Sekda) provinsi Riau, Ahmad Hijazi menyebutkan bahwa Kementerian Dalam Negeri beserta Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian RI akan turut membantu menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Riau yang kini masih belum bisa diterapkan.

"Kalau sampai maksimal 20 hari Kementerian LHK belum mengeluarkan validasi, mudah-mudahan Kemendagri dan Perekonomian akan mengambil langkah," katanya di kantor Gubernur Riau, Rabu, 11 April 2018.

Menurutnya, saat ini RTRW Riau sedang divalidasi oleh KLHK untuk dirapikan berdasarkan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Bantuan yang diberikan itu dikatakannya setelah dirinya bertatap muka langsung dengan dua menteri ini kemudian dijanjikan akan turut membantu penyelesaian.


"Karena kemaren saya bertemu di Batam mereka akan merespon dan akan memfasilitasi. Minggu depan merupakan minggu-minggu penentu dalam tata ruang kita," tegasnya.

Seharusnya, setelah sukses di validasi RTRW Riau diserahkan ke Mendagri untuk menimbang dan memutuskan apakah KLHS tersebut layak untuk diterapkan di Riau.

Kemudian diserahkan kembali ke pemprov Riau dan akan diharmonisasi bersama DPRD Riau untuk dimasukkan ke tahap perencanaan peraturan daerah (Ranperda).

Terakhir, kembali diserahkan ke Mendagri untuk diregistrasi dan kembali divalidasi untuk dijalankan oleh daerah. Artinya, jika semua tahapan itu sudah dilalui, siap-siap sektor pembangunan infrastruktur terkait ekonomi, antisipasi bencana alam, arahan transportasi, lahan pertanian pangan, kehutanan, pelestarian lingkungan dan masih banyak lagi akan berjalan.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, Evarefita menilai investasi Riau yang saat ini gagal masuk mencapai Rp53,948 triliun yang terdiri dari sektor domestik dan asing.(2)