Besok, Bupati Kampar Dinobatkan Sebagai Sultan Kampa ke-XIV Khalifaullah Akhirul Zaman

Sultan-Kampar.jpg
(*2)

RIAU ONLINE, KAMPAR - Bupati Kampar H. Azis Zaenal akan dinobatkan sebagai Sultan Kampa ke-XIV Khalifatullah Akhirul Zaman di Balai Adat Kampa, besok, Senin 26 Maret 2018.

Untuk mematangkan persiapan pelaksanaan rangkaian acara sakral tersebut, Bupati didampingi seluruh Datuk Kenegerian Kesultanan Kampa mengikuti Gladi Resik, Minggu 25 Maret 2018.

Rangkaian kegiatan persiapan Bupati Kampar meliputi perjalanan menuju Balai Adat Kampa. Selanjutnya Bupati Kampar yang akan dinobatkan sebagai Sultan Kampa ke XIV akan disambut dengan Silat Somba. Sultan Kampa akan dinobatkan melalui prosesi adat.

Direncanakan setelah acara Prosesi Penobatan Sultan Kampa ke XIV dilanjutkan dengan melakukan Salat Sunnah Di Mesjid Qubro Padang Merbau Koto Perambahan, setelah melakukan Salat Sunnah, Sultan beserta Rombongan akan menunaikan Salat Fardhu Dzuhur di Mesjid Nurul Huda Desa Kuapan Kecamatan Tambang.


"Setelah melakukan salat dzuhur Sultan Kampa Azis Zaenal diarak menuju Rumah Soko Godang diiringi Musik gubano dan sesampainya di rumah Soko Godang akan disambut dentuman Lelo atau meriam sebanyak 2 kali . Didalam Rumah Soko tersebut Sultan beserta ninuk mamak, datuk-datuk akan dijamu dengan makan bajambau didalam rumah Soko Godang yang terletak di Desa Kuapan Kecamatan Tambang". Demikian keterangan resmi yang diterima redaksi RIAUONLINE.CO.ID, Minggu 25 Maret 2018.

Setelah Makan siang acara dilanjutkan dengan beberapa agenda diantaranya Sekapur sirih dari Ninik mamak Kenegerian Kampa, Sekapur sirih Dari Lembaga Adat Kampar ( LAK) dan dilanjutkan sambutan dari ketua Lembaga Adat Melayu (LAM), diakhiri dengan petuah dari Sultan Kampa ke XIV serta ditutup dengan Sambutan sekaligus petuah dari Plt. Gubernur Riau Dan Thamrin Hasyim.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id