Peringati Hari TBC Sedunia, IDI dan Dinkes Kampar Gelar Berbagai Kegiatan

Senam-TBC-Kampar.jpg
(*)

RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Memperingati hari Tuberkulosis (Tbc) sedunia yang jatuh setiap 24 Maret, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kampar bersama Pemda Kampar melalui Dinas Kesehatan menggelar berbagai acara yang dipusatkan di Taman Kota Bangkinang, Minggu 25 Maret 2018 pagi.

Rangkaian acara dibuka dengan senam sehat bersama yang diikuti ratusan masyarakat, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan, donor darah, penyuluhan tentang Penyakit TB yang disampaikan dr.  Dedi Rinaldi SPP.

Dalam penyuluhannya, dr. Dedi menyampaikan bahwa peringatan World TB Day di Indonesia mengangkat tema, Peduli TBC, Indonesia Sehat dengan aksi Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS TB).

Ia juga mengungkapkan penderita TB di Indonesia semakin meningkat dalam sepuluh tahun terakhir, saat ini Indonesia menempati posisi ke 3 negara dengan penderita TB terbanyak di dunia dibawah India dan China.

"Ada beberapa faktor meningkatnya penderita TB, diantaranya kurangnya kepedulian terhadap penularan penyakit TBC, kurang peduli terhadap pengobatan bagi penderita TB. Pengobatan untuk penderita TB minimal 6 bulan, harus makan obat setiap hari, kalau kurang dari itu dipastikan tidak bisa sembuh," terang dr. Dedi.


Selain itu, lanjutnya, meningkatnya penderita TB juga di sebabkan kurangnya kepedulian Pemerintah serta masih kurangnya Kepedulian petugas kesehatan. Untuk itu ia mengajak semua elemen untuk peduli terhadap pasien TB dan penyebaran penyakit.

"Semua kita dituntut peduli, baik sebagai petugas kesehatan, Pemerintah, maupun sebagai pasien TB, masyarakat dan lingkungan sekitar penderita TB. Kepediluan pemerintah terkait peraturan, seperti kawasan bebas rokok, dan sanksi bagi yang melanggar, kepedulian Pasien untuk giat meminum obat, kepedulian keluarga untuk mengingatkan dan memantau pasien menum obat," bebernya.

Usai kegiatan dilanjutkan dengan pembagian doorprize serta donor darah dan pemeriksaan kesehatan serta penyerahan sertifikat bagi penderita TB yang sudah sembuh. Hadir dalam acara tersebut, Sekda Kampar Drs. Yusri mewakili Bupati H. Azis Zaenal, Kadis Kesehatan Nurbit, SIP MH dan Kepala OPD lainnya, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kampar, dr. Nur Aisyah dan jajaran serta jajaran.(*/2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id