Ngaku Kenal Petinggi Polri, Aksi Tipu-tipu Babe Sudah Makan Belasan Korban

Tersangka-Penipuan-Babe.jpg

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polsek Pekanbaru Kota berhasil meringkus pelaku penipuan penerimaan Bintara Polri yang mengaku bisa meloloskan masyarakat menjadi anggota Bhayangkara dengan menyerahkan uang hingga ratusan juta.

"Tersangka ini mengaku mengenal petinggi Polri dan bisa meloloskan masyarakat menjadi anggota Polisi dengan memintai uang," kata Kepala Polsek Pekanbaru Kota, Riau, Kompol Hanafi, Kamis 22 Maret 2018.

Tersangka bernama Naspianto alias Babe ditangkap setelah Polisi menerima laporan korban yang telah menyetor uang sebesar Rp150 juta untuk meloloskan anaknya menjadi anggota Polri beberapa waktu lalu.

Baca juga: Modus Tipuan Babe, Minta Mahar Rp 150 Juta Untuk Masuk Polisi

Padahal, Polri tidak pernah memungut biaya dalam penerimaan anggota. Untuk itu, mendapati laporan tersebut ia langsung memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan.

Dari hasil pemeriksaan, Babe mengaku telah menjalankan aksi penipuan berkedok bisa meloloskan menjadi anggota Polisi sejak 2011 lalu.

Aksinya itu tidak hanya dilakukan di Pekanbaru, melainkan sejumlah daerah di Riau seperti Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Belasan korban berhasil diperdaya tersangka dengan uang mahar paling sedikit Rp150 juta. Bahkan, Hanafi mengatakan tersangka mengaku pernah meminta uang sebesar Rp300 juta dengan janji bisa meloloskan calon Bintara Polwan.

Lebih jauh, Hanafi merincikan dalam menjalankan aksinya, tersangka tidak mengaku sebagai anggota Polisi. Tersangka yang merupakan mantan supir truk itu hanya berlagak seolah mengenal petinggi Polri dan bisa meloloskan calon Bintara.

Polisi masih terus mendalami kasus tersebut karena diduga cukup banyak korban yang hingga kini belum melapor ke kepolisian.


Selain itu, Hanafi mengimbau ke masyarakat agar tidak terpedaya dengan Bujuk rayu serta iming-iming menyerahkan uang untuk bisa lolos menjadi anggota Polri. Dia menegaskan, penerimaan Polri dilakukan secara transparan dan gratis. (**/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id