Atasi Karhutla, Menteri LHK: Sudah Siap Helikopter untuk Riau, Kalbar dan Kalteng

Bom-Air.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (MenLHK) menyatakan telah mempersiapkan helikopter water bombing untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

"Sudah disiapkan helikopter untuk Riau, Kalbar dan Kalteng. Ini kan ada Pak Budi Karya (Menteri Perhubungan), saya mau bicara, saya minta izin heli dipercepat biar segera selesai," kata Menteri Siti, dilansir dari Suara.com, Rabu, 21 Februari 2018.

Menteri Siti mengungkapkan saat ini Provinsi Riau, Kalbar dan Kalteng telah berstatus siaga darurat Karhutla.

"Tadi sudah kontak Pak Willem Rampangilei, Kepala BNPB. Langkah-langkahnya telah dilakukan. Satgas di lapangan sudah jalan," kata Nurbaya.

Sementara saat ini, tutur Menteri Siti, dirinya telah berkoordinasi dengan Gubernur Kalbar dan Kalteng terkait karhutla yang tengah ditangani.

Baca Juga Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla Hingga Mei Mendatang


"Saya sudah kontak gubernurnya. Pak Doddy (Plt Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji). Tadi pagi saya kontak dan tadi siang jalan. Saya juga menelepon Gubernur Kalteng," tutur Nurbaya.

Dia juga mengaku telah menerima peta dan gambar daerah-daerah yang mengalami karhutla.

Nurbaya mengungkapkan pada Senin, 19 Februari 2018 kemarin, ada banyak titik api dan pada Selasa, 20 Februari 2018,masih ada 67 titik api dengan peluang 60 persen dan 92 titik dengan peluang 30-40 persen.

"Kalbar sudah kurang titik apinya. Riau dan Kalteng tadi juga masih ada, mungkin 20-30an tersebar di Kalteng, Kalbar dan Riau," jelasnya.

Nurbaya juga menyebut Provinsi Sumatera Utara juga terlihat ada titik-titik apinya.

"Sudah langsung operasi dengan helikopter untuk pemadaman," katanya

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id