Polda Selidiki PT NSP dan Karhutla Kepulauan Meranti

Simulasi-Pemadaman-Kebakaran-Hutan-dan-Lahan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Riau menyelidiki kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, termasuk yang melanda lahan perusahaan PT Nasional Sagu Prima (NSP).

"Sedang didalami oleh penyidik," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Senin. 19 Februari 2018.

Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan wilayah yang mengalami kebakaran terparah di Provinsi Riau pada awal 2018 ini. Selain menghanguskan lahan milik masyarakat, kebakaran juga melanda lahan perusahaan PT Nasional Sagu Prima (NSP).

Baca Juga: Keputusan Riau Siaga Darurat Karhutla Sudah Tepat!

Dari 211 hektare lahan yang terbakar, Guntur mengatakan 50 hektare lainnya diduga berada di lahan perusahaan yang pernah divonis dalam kasus kebakaran lahan beberapa tahun lalu tersebut.

Dalam upaya penyelidikan, Guntur menjelaskan penyidik masih perlu mendalami dan mengukur ulang total luasan lahan terbakar, termasuk memintai keterangan ahli dan melakukan audit pada lahan yang terbakar. 

"Keterangan ahli, audit itu bagian dari proses penyelidikan," ujarnya.


"Dugaan asal dari luar perusahaan. Humas perusahaan NSP sebelumnya juga telah melapor ke polisi saat lahan tersebut terbakar. Namun kita masih terus melakukan pendalaman," ujarnya.

Lebih jauh, terkait kebakaran di Meranti, Guntur mengatakan pada Senin ini seluruh titik-titik api telah berhasil diatasi. Keberhasilan itu tidak lepas dari hujan lebat yang mengguyur lokasi tersebut pada Minggu, 18 Februari 2018 dinihari kemarin.

"Alhamdulillah, api berhasil diatasi pasca diguyur hujan lebat kemarin dinihari," kata Guntur. (**/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id