Bagaimana Bisa Senpi Masuk ke Lapas Pekanbaru? Ini Dugaan Pihak Lapas

Kepala-Divisi-Permasyarakatan-Riau.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Divisi Permasyarakatan, Riau, Lilik Sujandi menduga masuknya senjata api yang digunakan oleh pecatan Polisi, Satriandi untuk kabur bersama satu rekannya, Nugroho diperoleh dari para pembesuknya.

"Senjata api yang digunakannya diduga didapat dari besukan orang luar," katanya di halaman Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Kamis, 23 November 2017.

Satriandi Dan Rekannya Kabur Dari Lapas Pekanbaru Saat CCTV Rusak

Todongkan Senjata Api Ke Sipir, Satriandi Kabur Ditopang Tongkat

Pembesuk dari Satriandi dilakukan oleh satu orang yang nama dan usianya masih dirahasiakan. Satu orang itu mendatangi Satriandi pada Senin, 20 November 2017. Serta satu orang pula di hari yang sama saat dirinya sukses kabur keluar dari Lapas.

Namun tidak tertutup kemungkinan senjata api itu didapatkannya melalui kelengahan sipir penjara yang tengah bertugas di lain tempat. Tim saat ini sedang menelusuri apakah kemungkinan itu benar terjadi di Lapas termasuk memeriksa komandan jaga yang mengizinkan mereka untuk keluar menuju pintu P2U.


"Kita juga memeriksa petugas langsung bertemu dengan mereka (Satriandi dan Nugroho), kemudian petugas yang mengakibatkan potensi masuknya senjata di pelayanan. Kalau ditemukan penyalah wewenang, tentunya kita minta kepada polisi untuk tetap di proses. Dalam investigasinya, ini pelanggaran terhadap standar porsedur," tambahnya.

Kepala Divisi Permasyarakatan, Riau, Lilik Sujandi juga sesalkan rusaknya Closed Circuit Television (CCTV) milik dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, Pekanbaru.

Padahal menurutnya, CCTV tersebut jumlah yang terpasang hanya dua unit, yaitu berada di pintu P2U (pintu akhir) dan pada pos menara atas.

Akibatnya, dua tahanan Satriandi dan Nugroho yang menghuni blok G nomo 1 yang berisikan 11 warga binaan disana tak terpantau saat melancarkan aksi pelanggaran ini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id