Siapkan Berkasmu! Penerimaan CPNS Dibuka Awal 2018

Sekdaprov-Riau-Ahmad-Hijazi.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabar gembira untuk warga negara Indonesia yang ingin menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS). Kabarnya, keran penerimaan CPNS akan kembali dibuka pada awal tahun 2018 mendatang.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, kembali dibukanya keran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan pemerintah pusat dan pemda akan efektif jika telah memenuhi kebutuhan di masing-masing tempatan. Apabila tak dilakukan rekrutmen, maka baru akan terasa lima sampai enam tahun mendatang.

Ribuan Berkas Pelamar CPNS "Serbu" Kantor Kemenhum-HAM Riau

Selamat! THL-TB Di Inhil Terima SK CPNS

"Saya melihat (Riau) setiap tahun ada yang pensiun 400-500 setahun data dari BKD. Mestinya perlu ada pergantian PNS dengan kebutuhan sesuai formasi. Saya merasakan itu waktu saya di Kementerian Perindustrian kemudian Perdagangan zaman diangkat jadi PNS, dua tahun setelah itu tak ada pengadaan dikementrian itu. Baru terasanya sekarang, ada dari jenjang tertentu yang harus ada," katanya di halaman Kantor Gubernur Riau, Jumat, 17 November 2017.


Artinya, Pemprov Riau tak terbebani oleh penerimaan CPNS di tahun 2018 mendatang. Meskipun Provinsi ini tengah melakukan rasionalisasi anggaran yang berlaku pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) disebabkan over estimate.

"Itu malah bagus. Kita belanja pegawai hanya Rp 2.4 triliun. Sementara APBD kita Rp 10,5 triliun. Kita juga jauh berada dibawah ambang batas, malah di bawah PAD Rp 3 triliun. Rasio itu tak masalah bagi Riau," imbuhnya.

"Kalau Riau memang akan mengusungkan CPNS di 2018 itu, untuk formasinya itu harus betul-betul sesuai dengan kebutuhan. Sesuai analisis beban kerja dan jabatan," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id