(Video) Kereennn... Formasi Bentuk Angka 50 oleh Pilot TNI AU dan Singapura

Fly-Pass-50-Tahun-TNI-AU-RSAF.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: UJANG ANDRIAN 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejarah tercipta dan ditorehkan pilot-pilot TNI AU dan Royal of Singapore Air Force (RSAF). Kedua pilot dari dua tentara udara tersebut membuat formasi fly past dengan membentuk angka 50 menggunakan pesawat tempur F16 dan F10 dan F15. 

Formasi 50 ini dibentuk sedikitnya oleh 25 unit pesawat tempur handal dari kedua varian tersebut. Formasi ini, nantinya diperlihatkan dan dipertontonkan di depan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, 7 September 2017, di Marina Bay Cruise Center (MBCC) Singapura.

"Ini merupakan fly past combain pertama kita dengan RSAF. Ini merupakan maestronya. Belum pernah sebelumnya terjadi, apalagi bentuk formasi 49, 48. Belum," kata Flight Director TNI AU, Kol Pnb Haris Haryanto, Senin, 4 September 2017, di Pangkalan TNI AU (Lanud) Roesmin Nurjadin.

Baca Juga: 

Luar Biasa, Pilot Pesawat F16 TNI AU Bentuk Formasi 50 Dengan Pilot Singapura

Suara Gemuruh Deru Jet Tempur Di Langit Pekanbaru, Ternyata Ini Penyebabnya

Dari 25 pesawat tempur F16 dan F15 tersebut, tuturnya, dari TNI AU mengirimkan 10 pesawat F16, sedangkan RSAF menerjunkan F10 sebanyak 10 unit, dan F15 5 uniut saja. 


Untuk F16, tuturnya, berasal dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan Lanud Iswahjudi. "Besok semua pesawat ini akan terbang ke Singapura untuk gladi training terakhir guna persiapan show final nanti," ujar Haris.

 

Show center puluhan pesawat tempur ini, jelasnya, baru pertama kali digelar sepanjang sejarah hubungan Indonesia dan Singapura. Formasi 50 ini melambangkan 50 tahun hubungan bilateral Indonesia-Singapura. 

Kol Pnb Haris Haryanto mengatakan, bentuk dari formasi 50 dilakukan TNI AU dengan RSAF merupakan kali pertama dilakukan. "Kita akan menampilkan sejumlah formasi tempur dalam peringatan hari puncak nanti di Singapura," jelas Haris. 

Sebelumnya, dalam memperingati 50 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Singapura atau dikenal dengan Rising 50, dilaksanakanlah fly pass pesawat tempur TNI AU dan RSAF, Kamis, 31 Agustus 2017, di langit Pekanbaru. 

"Ini merupakan fly past combain pertama kita dengan RSAF. Ini merupakan maestronya. Belum pernah sebelumnya terjadi, apalagi bentuk formasi 49, 48. Belum," kata Haris Haryanto.

Klik Juga: 

Bukan Aceh, Kaum Ibu Minanglah Pertama Kali Beli Pesawat Untuk Indonesia

Emas Rakyat Aceh 20 Kg Untuk Beli Pesawat Seulawah Ternyata Dikorupsi

Namun, untuk internal TNI AU, formasi 50 ini pernah dilakukan saat TNI menginjak usia 50 tahun. "Tapi, kita pernah lakukan ini di tahun 1995 hingga 1996. Itu saat TNI kita menginjak usia ke-50 tahun. Sekali lagi, kalau combain dengan RSAF, ini baru pertama," tuturnya.

Selain fly pass dengan bentuk formasi 50 plus bomber, kedua air force ini juga bentuk formasi Arow head dan diamod delta

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline