Kapolres Inhil Terhenyak, Polisi Bhabinkamtibmas tak Membaur dengan Warga

Kapolres-Indragiri-Hilir-AKBP-Dolifar-Manurung.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: DEDI PURWADI 

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Kapolres Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Dolifar Manurung SIK, terkejut ketika IA mendapatkan jawaban dari warga, saat dirinya mengajukan pertanyaan.

Saat itu, Dolifar berkunjung ke sebuah desa. Ia melontarkan pertanyaan kepada warga tentang Polisi Desa (Poldes). "Apakah Bhabinkamtibmas sering turun dan menyambangi masyaraka," tanya Dolifar. 

Mendengar pertanyaan tersebut, wargapun sontak serentak menjawab. "Tidak pernah," 

Seketika saja Kapolres AKBP Dolifar pernah menempuh pendidikan di SMPN 3 Tembilahan pada 1990 ini terkejut mendengar jawaban masyarakat itu.


Ia mengartikan Bhabinkamtibmas Subsektor Pos Polisi di setiap Kecamatan kurang melakukan sosialisasi dan berbaur di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga: Polisi Tertipu, Infonya Puluhan Kg Ganja, Ternyata Rumput

"Itu menunjukan kurangnya penyampaian para Bhabinkamtibmas tentang peran dan tugasnya di desa. Padahal sebenarnya, para polisi yang bertugas di desa seharusnya harus sering berbaur dengan masyarakat," kata Dolifar

Untuk itu, ia memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk lebih aktif mensosialisasikan apa itu Bhabinkamtibmas kepada masyarakat di daerah binaannya.

Padahal tugas pokok Bhabinkamtibmas (Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015) adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan.

Jika hubungan silahturahmi kepada masyarakat tidak tercipta, artinya proses pembinaan serta menciptakan kondisi kondusif sulit akan terlaksana ditengah-tengah masyarakat.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline