Tingkah Lucu Peserta OSN XVI Pekanbaru Bikin Haru

Aksi-Lucu-Peserta-OSN.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Banyak ragam dan cerita menarik, bahkan lucu dari Perhelatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) XVI di Pekanbaru. Tingkah laku lucu tersebut diperagakan oleh sejumlah siswa-siswi saat sedang menyelesaikan naskah soal di hotel Furaya, Selasa, 4 Juli 2017. Uniknya, tingkah laku yang bisa disebut nyeleneh itu terekam kamera, yang gambarnya ditampilkan di luar ruangan ujian melalui layar proyektor.

Para orang tua yang hanya bisa menyaksikan melalui tampilan proyekor dan tak diperbolehkan untuk mendampingi anak-anak mereka saat mengikuti perlombaan tak bisa membendung rasa haru. Bahkan, beberapa dari mereka bersorak sorai karena merasa geli ketika beberapa anak yang tertangkap kamera membuat gelagat tersendiri.

Seperti yang terpantau oleh RIAUONLINE.CO.ID. Salah satu anak yang mengerjakan soalan matematika mengenakan kaca mata yang dibalut bingkai hitam dan tak diketahui nama serta asal sekolahnya mencoba untuk menutupi kertas jawaban yang telah susah payah dikerjakannya.

Baca Juga: Ingin Uang Rp 250 Juta? Cari Bukti Kemendikbud Keluarkan Aturan Full Day School

Tampak dirinya berusaha keras mencari kertas soal dan meletakkannya tepat diatas lembar jawabannya. Merasa tak puas, karena takut, dirinya kembali bergelegat. Sambil sedikit melotot, dirinya menutup lembar jawaban yang telah ditutupi oleh lembar soal menggunakan ke-dua tangannya.

Padahal kamera yang menyorotinya hanya mengambil gambar agar orang tua mereka yang duduk selonjoran di ruang Mahoni hotel Furaya, Pekanbaru mengetahui dan bisa menyemangati meskipun dari kejauhan.


"Ha.ha.ha.. ditutupnya kertas jawabannya,"kata Isnaini, salah satu wali siswa yang sedangan mengikuti perlombaan tingkat SD, di ruangan Mahoni hotel Furaya, Selasa, 4 Juli 2017.

Tak berapa lama usai kejadian itu, ruangan yang disediakan panitia untuk para orang tua siswa yang mengikuti perlombaan kembali pecah saat layar proyektor kembali menampilkan tampilan yang kembali mengocok perut.

Salah satu siswa SD yang tengah berlomba tertangkap kamera asik berjongkok diatas kursi putih yang disediakan oleh panitia. Meninggalkan sepatu hitam dibawah sambil berjongkok dengan kaus putih yang masih melekat.

Beberapa kali kaki yang berada di atas kursi tampak digoyang-goyangkannya. Sepertinya dirinya tak sadar ketika kamera menyorotinya.

Sontak kejadian itu kembali membuat seisi ruangan Mahoni hotel Furaya kembali riuh. Ada beberapa orang tua sambil menggeleng-gelengkan kepalanya. Hal itu memang diperbolehkan selama tak melakukan pelanggaran ataupun kecurangan selama mengikuti perlombaan.

Klik Juga : (Video) Para Pejabat Pidato Di Panggung, Anak-Anak Malah Nguap Dan Tidur

Sebelumnya, 1280 peserta dari jenjang tingkat pendidikan dimulai dari SD, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK mengikuti olimpiade sain nasional (OSN) XVI, Riau.

Mereka yang terdiri dari 204 siswa SD, 396 SMP dan 680 SMA sederajat akan bertanding dengan mengikuti ujian dari berbagai ilmu seperti Matematika, IPA, IPS, Informatika, Fisika, Kimia, Bilogi, Kebumian hingga Astronomi.

Total terdapat 420 medali yang diperebutkan para peserta, terdiri dari 70 emas, 140 perak dan 210 perunggu. OSN sendiri digelar di seejumlah lokasi seperti SMP Dharma Yudha, SMA 1,4,8, SMK Labor, SMK Plus, Cendana, Universitas Riau dan Politeknik Caltex Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline