Hari Ini, Komisi III DPR Kunker Spesifik ke Rutan Sialang Bungkuk

Kerusuhan-di-Rutan-Sialang-Bungkuk.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan kunjungan kerja spesifik ke Rutan kelas IIB Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Selasa, 16 Mei 2017.

Wakil Ketua Komisi III DPR Nasir Djamil mengatakan kunjungan kerja spesifik ini sejatinya untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Rutan/LP Sialang Bungkuk yang bisa menyebabkan kaburnya 448 tahanan pada Jumat 7 Mei lalu.

"Kami datang ingin tahu seperti apa pengelolaan Rutan Sialang Bungkuk selama ini sehingga bisa terjadi 448 tahanan melarikan diri," ujar Nasir Djamil di Jakarta, Senin, 15 Mei 2017.

Informasi yang dihimpun dari Komando Center Polresta Pekanbaru, napi awalnya berjumlah 1.870 orang. Namun saat Jumat siang, napi yang tinggal di Rutan Sialang Bungkuk menjadi 1.340 orang, artinya sebanyak 448 orang melarikan diri.

Baca Juga: Tahanan Protes, Unjuk Rasa dan Kabur Akibat Buruknya Pelayanan Rutan Sialang Bungkuk

Rutan kelas 2A Pekanbaru yang berada di jalan Sialang Bungkuk Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru, over kapasitas. Dari data yang diterima melalui Polda Riau, daya tampung tahanan hanya 361 namun diisi oleh 1800 orang tahanan.

"Kami ingin memperoleh penjelasan bagaimana mengurai benang kusut semakin sesaknya Lapas/Rutan di Pekanbaru tersebut," ujar politisi dari Fraksi PKS tersebut.


Data dari Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Rikwanto di Jakarta, hingga Senin, 15 Mei, kemarin, sebanyak 323 narapidana Rutan Kelas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru, yang sempat melarikan diri, kembali tertangkap. Dengan demikian masih terdapat 125 napi yang belum tertangkap.

Klik Juga: Kepala Rutan Sialang Bungkuk Dicopot, Tumbal Bobroknya Pengelolaan Lapas

"Sampai kemarin malam napi yang sudah tertangkap totalnya 323 orang," katanya di Jakarta.

Politisi dari daerah pemilihan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) itu menambahkan rombongan Komisi III DPR direncanakan akan tiba di Pekanbaru pada pukul 10.30 dan langsung meninjau Rutan, termasuk memeriksa kebenaran terjadinya pemerasan atau pungli kepada para narapidana.

"Kami juga ingin mengetahui bagaimana cara polisi menemukan para napi dan tahanan yang kabur tersebut dan ini terkait dengan kelengkapan data," katanya.

Lihat Juga: (Video) Detik-Detik Ratusan Tahanan Kabur Dari Rutan Sialang Bungkuk

Nasir yang memimpin rombongan kunjungan kerja spesifik komisi III DPR reses masa persidangan IV/Tahun sidang 2016-2017 selama dua hari ke Riau, akan didampingi oleh tujuh anggota DPR.

Ketujuh legislator Senayan itu adalah Marsiaman Saragih (F-PDIP), Agun Gunanjar Sudarsa (F-PG), Moreno Soeprapto (F-Gerindra), Muslim Ayub (F-PAN), TB Soemandjaja (F-PKS), Hasrul Azwar (F-PPP) dan Sarifudin Sudding (F-Hanura).

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline