Waspada, Pintu Air PLTA Kotopanjang Dibuka Siang Ini

Banjir-Kampar2016.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Manager Humas dan SDM PLN Wilayah Riau dan Kepri, Dwi Suryo Abdullah mengatakan pihaknya akan melakukan pembukaan pintu air Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kotopanjang, Kabupaten Kampar pada pukul 14.00 WIB, Jumat, 3 Maret 2017.

Pasalnya, tinggi permukaan (elevasi) waduk PLTA Kotopanjang hingga pukul 08.00 WIB, pagi ini sudah mencapai 80.48 meter di atas permukaan laut (mdpl). Saat ini, kata Dwi Suryo, kenaikan air sisi hilir mengalami penambahan ketinggian sekitar 30 sampai 50 cm.

"Mempertimbangkan kondisi hulu PLTA mengalami kenaikan air dengan intensitas curah hujan tinggi. Maka pintu air PLTA Kotopanjang akan dibuka siang ini," kata Dwi Suryo, Jumat, 3 Maret 2017.

Baca Juga: Banjir Masuk ke Dalam Masjid Pangkalan 50 Kota, Waduk PLTA Kotopanjang Siaga

Sebelumnya, Dwi Suryo menyebutkan jika elevasi sudah mencapai 82,5 mdpl maka pintu air PLTA Kotopanjang akan dibuka. Pembukaan pintu air, tuturnya, dilakukan untuk menjaga banjir di sisi hulu tidak terjadi dan menjaga kondisi bendungan.


Untuk itu, Dwi Suryo mengimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal di sepanjang tepi Sungai Kampar, khsuusnya warga di hilir untuk tetap waspada dan berhati-hati.

"Waspada untuk seluruh warga di hilir sungai Kampar," katanya.

Simak berita Banjir Pangkalan lainnya dengan klik di sini.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline