Ditemukan Makam 11 Pelaut Indonesia yang Terlibat Perang Dunia II

Upacara-pemakaman-11-Pelaut-Indonesia.jpg
(BOOMBASTIS.COM)

RIAU ONLINE - Indonesia tidak pernah terlibat dalam Perang Dunia II yang membuat dunia berantakan terutama belahan Eropa dan Asia. Kala itu, Indonesia masih dalam jajahan Belanda sehingga tidak memungkinkan bagi Indonesia memiliki pasukan perang.

 

Namun beberapa orang dari negeri ini ternyata ada yang terlibat Perang Dunia II di Eropa. Mereka adalah 11 pelaut ulung uang yang diboyong Belanda untuk membantu Sekutu mengatasi kekecauan di Eropa.

 

Tidak diketahui motif yang membuat 11 pelaut itu bergabung dengan sekutu di tahun 40-an. Mereka bekerja sebagai seorang pelaut ulung dan sangat dikagumi para tentara sekutu. Mereka bertugas mendistribusikan makanan yang dipasok dari Amerika untuk tentara di Eropa.

Baca Juga: Misteri 71 Nisan Tanpa Nama, Korban Kebrutalan Tentara Belanda

 

SS Empire Howard menjadi Kapal pengangkut makanan berharga itu. Sekuat tenaga mereka menjaga barang bawaannya agar tentara yang berperang tidak mengalami kekurangan makanan dan akhirnya merugikan seluruh pasukan.

 


SS Empire Howard [image source]SS Empire Howard, kapal yang digunakan 11 pelaut Indonesia (BOOMBASTIS.COM)

 

Usai menjalankan tugas, pelaut yang disinyalir berasal dari Sumatera atau Bali itu meninggal dunia. Keadaan dunia yang buruk dan penyebaran penyakit di lautan membuat mereka mengalami gangguan pada tubuh. Kerja keras yang tidak dibarengi dengan asupan gizi yang tepat membuat mereka kekurangan vitamin B1 hingga dilarikan ke rumah sakit di Liverpool.

 

Sayangnya, perawatan yang dilakukan di Rumah Sakit Walton tidak membuat mereka sembuh. Serangan penyakit seperti TBC dan Emphysema membuat para tentara itu mengakhiri hidupnya dan dikubur di sekitar kawasan Liverpool. Setelah dikubur, 11 pelaut itu dilupakan. Setelah 70 tahun berlalu, akhirnya makam 11 pelaut itu ditemukan.

Klik Juga: Sesuai Adat, Jasad Tan Malaka Akan Dipindahkan ke Tanah Minang

 

Seorang sejarawan yang penasaran dengan pelaut di masa Perang Dunia II menjadi orang yang menemukan makam-makam yang sempat dilupakan itu. Ternyata, 11 makam pelaut yang semuanya muslim itu berasal dari Indonesia.

 

Kondisi makam 11 pelaut Indonesia saat ditemukan (BOOMBASTIS.COM)

 

Kemudian, pasukan Angkatan Laut Belanda melakukan penelitian di lapangan dan disimpulkan bahwa makam itu adalah miliki 11 pelaut muslim dari Indonesia. Mereka adalah orang-orang yang berjasa pada Perang Dunia II bagi Inggris dan Belanda.

 

Pemerintah Inggris akhirnya memberikan nisan dan mengadakan upacara secara Islam agar jasad yang dikubur bisa disempurnakan sesuai dengan syariat Islam sekaligus sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan mereka di masa lalu.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline