Wow, Di Pulau Ini Pelancong Bisa Lihat Pantai Terbuat dari Kerang

Pantai-Solop.jpg
(INDONESIA-TOURISM.COM)

RIAU ONLINE, INDRAGIRI HILIR - Di Pantai Solop, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, pelancong bisa menikmati pesona alam pantai yang terbentuk dari miliaran kulit kerang selama jutaan tahun. Tidak seperti pantai lainnya dan beberapa pantai di daerah timur Riau itu yang tidak memiliki pantai putih karena daerah itu diselimuti hutan bakau dan lahan gambut.

 

Saat bersantai di Pantai Solop, pelancong sering melihat binatang yang dilindungi, seperti burung elang bondol yang terbang di tepi pantai dan hinggap di pohon bakau. Terkadang, lumba-lumba juga terlihat berenang di tengah laut Selat Malaka itu.

 

Selain itu, masih banyak spesies flora dan fauna yang dilindungi terlihat di hutan bakau Pulau Cawan. Menurut warga setempat, mereka sering melihat lumba-lumba, hiu, bangau putih susu, beberapa spesies kera yang langka dan lainnya.

Baca Juga: Kunjungan Objek Wisata Pantai Solop Riau Meningkat Drastis

 


Karena kekayaan flora dan fauna itu Pemerintah Provinsi Riau menjadikan Pantai Solop sebagai objek wisata unggulan. Pemerintah tengah membenahi beberapa fasilitas umum dan mempromosikan pantai itu ke seluruh dunia.

 

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau mencatat jumlah kunjungan objek wisata Pantai Solop meningkat drastis selama 8 bulan tahun ini di banding tahun lalu.

 

Junaidi Ismail, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Indragiri Hilir mengatakan jumlah kunjungan ke objek wisata Pantai Solop mencapai 17.500 wisatawan. Sedangkan periode yang sama tahun lalu hanya mencapai 5.000 pengunjung.

Klik Juga: Indragiri Hilir Ajukan Pulau Baso Jadi Taman Hutan Raya

 

"Jumlah kunjungan itu dihitung dari tiket pengunjung. Tahun ini ada peningkatan drastis. Jumlah kunjungan selama 8 bulan itu sedikit lagi mencapai target tahunan 20.000 wisatawan," katanya, Senin, 29 Agustus 2016.

 

Sebelumnya, Pantai Solop sempat diabaikan oleh pemerintah. Objek wisata Pantai Solop baru digarap kembali oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir pada tahun ini.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline