Jangan Lupa, Saat Anda Melahirkan Bawa Ini Ya...

Ibu-Hamil.jpg
(NTRNT)

RIAU ONLINEBagi perempuan, hamil anak pertama disertai kelahirannya merupakan sesuatu hal yang benar-benar membuat mereka sebagai perempuan semakin lengkap. 

 

Rasa was-was, cemas dan khawatir menanti kelahiran si buah hati selama ini ditunggu tentunya akan muncul. Guna mengurangi kekhawatiran, bayangkan kelahiran merupakan suatu peristiwa membahagiakan, terlebih saat persalinan nanti suami dan seluruh keluarga berada di samping Anda memberikan dukungan.

 

 

Nah, seberapa siapkah persiapan melahirkan Anda? Berikut tips yang diberikan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter. 

 

(Baca Juga: Bayi Tidur Tengkurap, Bahaya Nggak Ya?

 

Mempelajari Proses Melahirkan

Kenalilah tanda awal persalinan dan proses melahirkan, sehingga jika saatnya tiba Anda telah mengetahui tahapan-tahapan akan dilewati. Anda juga bisa mengikuti kelas hamil, jika sudah mendekati proses persalinan. Jadi, apa sajakah tiga tanda awal persalinan itu?

 

A. Kontraksi rahim

Kontraksi rahim yang terjadi menjelang persalinan sifatnya teratur, makin kuat, lama dan sering. 



B. Muncul bercak darah

Selama hamil, mulut rahim Anda ditutupi lendir yang kental. Namun ketika mendekati persalinan, mulut rahim Anda akan membesar dan membuat jalan lendir tersebut keluar melalui vagina.


C. Pecah cairan ketuban

Cairan biasanya keluar beberapa saat setelah kontraksi. Tetapi, cairan ketuban bisa keluar sebelum persalinan terjadi. Jika cairan ketuban sudah pecah, segeralah pergi ke rumah sakit.

 

Mempersiapkan Dokter dan Rumah Sakit

Dokter dan rumah sakit merupakan dua komponen paling penting dalam persiapan melahirkan dan persalinan. Sebaiknya, sejak awal kehamilan Anda sudah menetapkan dokter kandungan dan pastikan rumah sakit yang Anda pilih tidak sulit dijangkau dari rumah.

 

(Klik Juga: Enggan Bawa Bayi Anda Imunisasi Polio? Baca Dulu Ini Biar Nggak Nyesal

 

Mempersiapkan Barang-Barang yang Harus Dibawa

Dalam mempersiapkan barang, pastikan suami atau orang berada di rumah mengetahui apa harus dibawa. Sehingga jika harus mendadak ke rumah sakit, mereka telah mengetahui di mana harus mencari barang yang dibutuhkan tersebut.

 

Lalu apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit: 

1. Pakaian ibu

Untuk pakaian ibu, disarankan membawa baju atasan yang memiliki kancing di depan guna memudahkan saat menyusui nanti.

2. Pakaian dalam

3. Beha khusus menyusui

4. Pembalut ibu

5. Peralatan mandi ibu dan bayi

6. Perlengkapan bayi

7. Handuk ibu dan bayi

 

Berdiskusilah dengan suami dan anggota keluarga lainnya, apabila Anda merasa kesulitan dalam persiapan melahirkan ini. Tentu dukungan dari suami dan keluarga akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan persiapan melahirkan. Anda pun bisa menjadi lebih tenang dan siap untuk menyambut buah hati Anda.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline