Siak Masuk 20 Besar Miliki Good Governance

SIAK.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Survey dari Indonesia Index Governance Tahun 2014, menempatkan Kabupaten Siak pada 20 besar daerah yang memiliki good governance di Indonesia. Siak berada di urutan 15. Sedangkan nomor 1 adalah Kota Yogyakarta.

 

Demikian disampaikan oleh Gatot Darsmanto, Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara dalam Rakor yang diadakan oleh Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Riau, Selasa (13/10/2015). "Ini menunjukkan masih buruknya kinerja pemerintahan kita saat ini. Siak hanya satu-satunya kabupaten di Riau yang indeksnya baik menurut survey tersebut," kata Gatot. (BACA JUGA: KPK Segera Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi APBD Sumut)

 


Rendahnya tingkat good governance menjadi salah satu indikator buruknya pelaksanaan pemerintahan. Dari 544 kepala daerah yang ada di Indonesia, yang tersandung kasus korupsi sebanyak 251 kepala daerah.

 

Pebabnya, kata Gatot, adalah minimnya sistem pengendalian intern yang ada. Selain itu adalah masalah ketidakpatuhan pejabat terhadap peraturan perundang-undangan, ketidakekonomisan, ketidakefektifan serta tumpang tindih kewenangan lantaran minimnya koordinasi. (KLIK: Sangarnya Hakim di Riau, Enam Vonis Mati Sepanjang 2015)

 

"Masalah paling banyak ada di pengadaan barang dan jasa. Masalah yang paling sering yang jadi sebab pejabat tersandung korupsi di pengadaan barang dan jasa ini. Kerugian Indonesia hingga kini sudah mencapai Rp25 triliun karena dikorupsi," tandas Gatot.