4 Wisata Alam Hits di Solok Sumbar Ini Jadi Pilihan Liburan

Nagari-Saribu-Rumah-gadang.jpg
(Wikipedia)

Laporan: Suci Aprilia Putri

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Liburan menjadi pilihan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Terlebih lagi, liburan akan semakin menyenangkan jika bersama orang-orang tersayang.

Wisata alam yang asri pun banyak dipilih agar dapat menepi dari kesibukan di kota. Satu di antaranya wisata alam di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Kota yang dijuluki sebagai Kota Dingin Tanpa Salju oleh warga sekitar itu memang menjadi dikunjungi wisatawan lokal, bahkan mancanegara.

Ada 4 pilihan wisata alam di Kabupaten Solok yang bisa jadi pilihan untuk berlibur.

1. Bukit Cambai

Bukit Cambai merupakan permata tersembunyi Kabupaten Solok. Bukit ini menyuguhkan pemandangan yang memesona dengan hamparan hijau perbukitan dan panorama langit yang indah.

Selain keindahan alamnya, bukit ini juga menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan. Berada di ketinggian sekitar 1800 meter di atas permukaan laut, membuat suhu di udara sekitar menjadi dingin dan sejuk.

Dari puncak bukit ini, wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan dari hamparan sawah, ladang serta pemukiman penduduk. Pemandangan alam yang disajikan tidak akan membuat pengunjung bosan.

Suhunya yang dingin menjadikan tempat ini banyak dipilih untuk berwisata bersama keluarga.



Kamu hanya perlu membayar Rp 20 ribu per orang untuk masuk ke area wisata Bukit Cambai ini

2. Kebun Teh Alahan Panjang

Kebun Teh Alahan Panjang merupakan destinasi wisata yang menarik di Solok. Untuk dapat menikmati wisata alam ini, kamu harus mengakses perjalanan sekitar 70 km dari Kota Padang atau sekitar 60 km dari Solok.

Kebun Teh Alahan Panjang berada di atas Bukit Barisan dengan ketinggian antara 1400-1600 mdpl, memberikan panorama yang memukau dari ketinggian tersebut.

Kebun Teh Alahan Panjang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara dengan luas 20 hektar, menjadikannya perkebunan teh terbesar di Sumatera Barat.

Kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang hijau dan udara yang sejuk. Pengunjung dapat menikmati keindahan perkebunan teh, berjalan-jalan di sepanjang jalur wisata yang tersedia, serta menyaksikan proses penanaman dan panen teh. Ada juga kesempatan untuk belajar mengenai tahapan pembuatan teh berkualitas.

Di sepanjang kebun, pengunjung akan disuguhi pemandangan warga yang memetik daun teh, menambah kesan autentik dari pengalaman wisata di Kebun Teh Alahan Panjang.

3. Danau Ateh Danau Bawah

Danau Ateh dan Danau Bawah adalah dua danau yang terletak di Alahan Panjang, Solok. Kedua danau ini terkenal dengan sebutan "Danau di Ateh (atas)"  dan "Danau di Bawah" karena letaknya yang berdekatan hanya dipisahkan oleh bukit dengan jarak sekitar 300 meter.

Keindahan danau ini terletak pada pesona alamnya yang memikat. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dua danau yang terletak berdekatan dengan bukit yang memisahkan keduanya.

Kedua danau ini menawarkan suasana yang menenangkan dan cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang memesona.

Pengunjung biasanya dapat melakukan kegiatan seperti piknik, berjalan-jalan di sekitar danau, menikmati keindahan alam, serta mengabadikan momen-momen indah dengan berfoto di lokasi yang strategis.  

4. Nagari Saribu Rumah Gadang

Wisatawan dari luar daerah Sumbar tampaknya harus berkunjung ke Nagari Saribu Rumah Gadang yang menjadi pusat budaya Minangkabau.

Kamu bisa menjadi bagian dari kearifan lokal masyarakat Minangkabau dengan Rumah Gadang yang berjejer.

Kawasan Nagari Saribu Rumah Gadang berada di Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok.