Irving Kahar Janji Bangun Jalan dan BTS di Kampung Pangkalan Pisang

warga-saat-kampanye-irving1.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Kabupaten Siak nomor urut satu, Irving Kahar Arifin - Sugianto berencana membangun jalan dan tower jaringan atau Base Transceiver Station (BTS) di Kampung Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. 

Hal itu diungkapkan Irving Kahar menjawab permintaan warga saat kampanye dialogis di Dusun Rimba Bolon, Kampung Pangkalan Pisang, Koto Gasib, Siak, Minggu 20 Oktober 2024.

Sebelumnya Santoso, tokoh masyarakat, menyampaikan keluhan warga bahwa sejak 20 tahun lalu tidak pernah ada pembangunan jalan dan tower jaringan di di Dusun Romba Bolon.

"Jalan di dusun kami panjang hanya sekitar 2 kilometer, sejak 20 tahun lalu tidak pernah dibangun. Padahal setiap mau Pilkada semua calon datang kampanye di sini, namun setelah jadi tidak pernah datang sekalipun," ungkap Santoso. 

Jalan tersebut merupakan akses utama yang dimiliki warga Rimba Bolon, terhubung ke jalan milik perusahaan dan kebun warga. Saat ini kondisi jalan tanah kuning ketika musim hujan becek parah dan lengket. 

Lanjutnya, pembangunan jalan ini sering diusulkan ke Bupati Siak, namun tidak pernah ditanggapi dengan alasan berada di sekitar HGU perusahaan.

"Padahal di tempat lain ada juga kampung yang dikelilingi HGU perusahaan, tapi bisa juga jalan kampungnya diaspal, kenapa di sini nggak, kayak nggak ada pedulinya pemerintah dengan desa kami, padahal dulu suara bupati yang jadi banyak di sini," imbuh Santoso. 


Selain itu, warga juga meminta dibuatkan tower jaringan, sebab jaringan di Kampung Pangkalan Pisang sangat sulit, hanya beberapa jaringan kartu seluler yang tersedia. 

"Saking sulitnya jaringan anak sekolah mahasiswa yang pas pulang kampung, namun harus mengerjakan tugas terpaksa harus ke ladang sawit demi dapat jaringan. Kasihan kami melihatnya, tapi tidak bisa juga berbuat apa-apa," kata Santoso. 

Besar harapan warga, paslon Irving-Sugianto dapat memenuhi permintaan warga. Sebab warga Rimba Bolon kesal dengan janji-jani politik yang tidak pernah ditepati. Kali ini warga yakin bahwa paslon nomor urut satu tidak hanya janji-janji, terlihat dari rekam jejaknya sudah banyak terlaksana dan bermanfaat di Kabupaten Siak. 

Cabup Irving menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur akan menjadi prioritas utamanya jika terpilih. Dia juga berjanji untuk berkolaborasi dengan pemerintah pusat dan pihak swasta untuk merealisasikan demi kesejahteraan masyarakat setempat.

Jalan di Kampung Pangkalan Pisang merupakan akses transportasi yang mempengaruhi berbagai aspek. Tanpa jalan yang memadai, mobilitas penduduk menjadi terhambat, sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi lokal. 

"Berada di sekeliling HGU perusahaan tidak jadi masalah, jika saya jadi bupati bisa saya atasi dan akan saya bangun. Alasan aja itu pemerintah sebelumnya karena nggak mau perhatikan Kampung Pangkalan Pisang. Padahal justru kampung yang ada perusahaan lebih maju, sebab CSR dari perusahaan ‘kan ada," ungkap Irving Kahar. 

Selain itu, keberadaan menara BTS atau tower sangat penting untuk meningkatkan kualitas komunikasi di daerah. Banyak warga yang mengeluhkan kesulitan dalam mendapatkan sinyal telepon dan akses internet, yang semakin penting di era digital saat ini. 

"Saya berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap desa di wilayahnya dapat menikmati layanan telekomunikasi yang memadai, mendukung pendidikan, dan membuka akses informasi bagi masyarakat," imbuhnya.