Bhayangkari Polres Siak Seminar Pilkada Damai Bersama KPU dan Bawaslu

Seminar-pilkada-damai-polres-siak.jpg
(Dok. Polres Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - Dalam upaya menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, Polres Siak menggelar seminar pilkada damai. 

Kegiatan yang dihadiri Wakapolres Siak, seluruh pejabat utama, Kapolsek jajaran dan Pengurus Bhayangkari cabang, ranting sejajaran Polres Siak dilaksanakan di Gedung Serba Guna Endra Dharma Laksana (EDL) Polres Siak, Rabu 16 Oktober 2024 siang.

Seminar Pilkada damai dibuka secara resmi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Siak Ny. Okto Asep dan Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi.

Kapolres Siak menekankan tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta netralitas selama proses pemilihan kepala daerah berjalan.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Bhayangkari yang juga memiliki hak pilih tentang pentingnya pelaksanaan Pilkada yang damai, serta mengedukasi tentang hak dan kewajiban mereka sebagai istri anggota Polri.


Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meminimalisir potensi terjadinya pelanggaran yang dapat menimbulkan kegaduhan.

Turut hadir sebagai narasumber Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Zulfadli Nugraha, dengan menyampaikan materi perbedaan Pemilu dan Pilkada serta jenis pelanggaran dalam pemilihan.

Kemudian Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Dailin Fajri Sormin, dengan isi materi gambaran umum pemilihan umum dan Pemilu serta tahapan penyelenggaraan pemilihan. 

Sedangkan Kasat Reskrim Polres Siak AKP Bayu Ramadhan Effendi, dengan isi materi Pentingnya Integritas Dalam Pemilihan yang Jujur.

Dengan adanya seminar Pilkada Damai ini diharapkan Bhayangkari dapat lebih siap dan berpartisipasi aktif dalam Pilkada mendatang, serta bersama-sama menciptakan suasana yang aman, sejuk dan damai.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah konkret Polres Siak dan Bhayangkari cabang siak dalam mendukung pelaksanaan pilkada aman, damai, sejuk dan beradab.