Panwascam Mempura Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilgubri dan Pilbup Siak 2024

Panwascam-Mempura-Gelar-Sosialisasi-Pengawasan-Pilgubri-dan-Pilbup-Siak-2024.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Panitia pengawas (Panwas) Kecamatan Mempura gelar sosialisasi pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub), Pemilihan Bupati serta Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2024 di Aula Kecamatan Mempura,  Jumat 13 September 2024.

Ketua Panwascam Mempura Yanti Sugiarti menyebutkan, sosialisasi ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pemilu, agar Pilgubri dan Pilbup di Kabupaten Siak berjalan dengan lancar. 

"Dalam hal ini peserta berjumlah 40 orang, 5 orang perwakilan dari masing-masing kampung terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa, Ibu PKK dan tokoh agama," ucap Yanti. 

Yanti menambahkan, sisoalisasi ini menghadirkan sejumlah pemateri, diantaranya adalah Bawaslu Kabupaten Siak, Kepolisian dan Kejaksaan. Masing-masing pemateri akan memberikan pemaparan sesuai dengan bidangnya. 

Sosialisasi ini merupakan agenda menjelang perekrutan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang akan bertugas di masing-masing TPS. Untuk Kecamatan Mempura sendiri memiliki 30 TPS. 


"Perekrutan PTPS akan dibuka 12-28 September 2024. Bagi masyarakat yang berkenan bergabung menjadi petugas PTPS, bisa mendaftar di kantor Kecamatan Mempura," paparnya. 

Meli (22 tahun) Warga Kampung Merempan Hilir yang juga Mahasiswi STAI Susha Siak mengaku sosialisasi ini sangat bermanfaat, sebab dapat menambah wawasan terkait pemilu. 

"Jadi tau perkembangan pemilu. Apalagi ini digelar menjelang perekrutan PTPS, sedikit banyak jadi tau apa yang akan dilaksanakan ketika bertugas menjadi pengawas nantinya," ucap Meli. 

Meli sendiri sebelumnya pernah menjadi petugas PTPS saat Pemilihan Legislatif. Di Sosialisasi ini ia menjadi lebih matang untuk bergabung kembali menjadi petugas PTPS untuk Pilgubri dan Pilbup Siak mendatang. 

"Ini udah mau yang kedua kalinya jadi petugas PTPS, di pemilihan legislatif lalu masih sedikit kaku karena awal bertugas,” tuturnya. 

“Untuk Pilgubri dan Pilbup kedepan, mudah-mudahan bisa bergabung kembali ikut serta menyukseskan pemilu mendatang," imbuhnya.