Sekda Siak Hadiri Podcast Polres Siak, Menuju Pilkada Damai Sejuk Beradab

Sekda-Siak-Hadiri-Podcast-Polres-Siak-Menuju-Pilkada-Damai-Sejuk-Beradab.jpg
(Dok. Humas Kabupaten Siak)

RIAU ONLINE, SIAK – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak, Arfan Usman, hadir dalam podcast  "Menuju Pilkada Damai, Sejuk, Beradab" yang diselenggarakan oleh Polres Siak di halaman Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Siak, Jumat 6 September 2024. 

Podcast ini juga dihadiri oleh Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi, Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, Ketua LAMR Siak Wan Said yang turut mengikuti podcast. 

Acara tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen keamanan dan keharmonisan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Siak.

Dalam podcast ini, Arfan Usman menyatakan dukungan penuh dari pemerintah daerah terhadap kelancaran Pilkada 2024. 

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Siak mendukung penuh terselenggaranya Pilkada serentak ini dengan baik, aman, damai, dan tertib," ujar Sekda Siak. 

Ia menambahkan harapannya agar Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung tanpa ada perpecahan di tengah masyarakat.

"Semoga Pilkada ini berjalan dengan sesuai harapan kita semua, yaitu damai, sejuk, dan beradab," imbuhnya.



Pemerintah Kabupaten Siak juga telah mengalokasikan anggaran dengan jumlah kurang lebih sebesar Rp35 miliar lebih untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada tersebut.

Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi, menghimbau pada masyarakat untuk ikut serta menjaga ketertiban, terutama dalam masa kampanye. 

Ia menekankan bahwa semangat suka cita dan kegembiraan harus dipenuhi dengan kebaikan serta kemuliaan, tanpa merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia juga menegaskan tentang kesiapannya dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Siak. 

“Kami sudah siap 100 persen, bekerja sama dengan TNI dan masyarakat, agar Pilkada 2024  di Kabupaten Siak berjalan damai sejuk dan beradab,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Polres Siak telah mempersiapkan personel sebanyak 600 anggota, ditambah bantuan 145 dari Polda dan 1 peleton dari Brimob.

Dandim 0322/Siak, Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, turut menekankan juga kesiapan pihaknya dalam mendukung pengamanan Pilkada. 

Kodim telah menyiapkan 120 personel, awalnya. karena melihat eskalasi terakhir, mendapat tambahan 20 personel dari Korem dan 1 SST dari Batalyon 132.

"Kami serius dalam memastikan pengamanan Pilkada ini, dengan kesiapan penuh dari TNI," ujarnya.

Ketua LAMR Siak, Wan Said, mengimbau masyarakat untuk tetap berada dalam petuah Melayu saat memilih pemimpin. 

"Mari kita pilih nahkoda yang mampu mengemudikan bahtera Siak ke arah yang lebih baik," pesannya. 

Filosofi payung LAMR, menurutnya, akan selalu memayungi masyarakat dalam menjaga keharmonisan dan kedamaian di masa Pilkada.