Kedai Zafran Siak Ludes Dilalap Jago Merah, Api Diduga Berasal dari Kompor

Kedai-Zafran-Siak-Ludes-Dilalap-Jago-Merah.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Kedai Zafran, Jl Bahagia, Kampung Dalam, Kecamatan Siak ludes dilahap si jago merah, Selasa, 6 Agustus 2024. Api diduga berasal dari kompor gas dapur. 

Kedai Zafran milik Zaki (46) menjual makanan ringan, jus, kopi dan lain-lain, di samping tepian Sungai Jantan, Siak. 

Zaki menyebutkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 14.30 WIB saat dirinya membuat pesanan untuk pelanggan. Saat dirinya mengetahui peristiwa itu, api sudah menyala besar dari dapur belakang. 

"Tahu-tahu api udah besar, itu pun pelanggan meneriakan ke saya ada api dari dapur," ucap Zaki kepada RIAU ONLINE.

Zaki bersama pelanggan sempat berusaha memadamkan api dengan alat pemadam kecil dan air ember, namun tidak berhasil karena api sudah terlanjur membakar papan lantai atas.



Zaki menduga api berasal dari kompor gas di dapur. Sebab, ketika sudah berjualan api kecil kompor tidak pernah dimatikan untuk memanaskan dandang kopi. 

Selain itu, tabung gas 3 kg diketahui sudah hampir habis kemungkinan meluap ke selang gas mengenai kain dan peralatan dapur yang terbuat dari plastik. 

"Lantai tingkat juga terbuat dari kayu papan, saat meluap ke atas langsung membakar papan kemudian mengenai springbed dan kain sehingga api cepat menjalar ke seluruh bangunan," terangnya lagi. 

Sementara itu, Zaki belum mengetahui total kerugian yang dialaminya. Dari pantauan RIAU ONLINE di lokasi, tak berselang lama Damkar Siak dan bersama warga berjibaku memadamkan api. Api berhasil dipadamkan dengan cepat, namun seisi kedai sudah ludes.