Taman Nasional Giam Siak Kecil Terbakar, Satwa Dilindungi Terancam

Karhutla-di-giam-siak-kecil.jpg
(Dok. Manggala Agni)

RIAU ONLINE, SIAK - Taman Nasional Giam Siak Kecil (GSK), di Desa Tasik Betung, Kabupaten Siak, dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla)

Api yang membakar lahan gambut turut mengancam keberlangsungan hidup satwa dilindungi di Taman GSK, seperti harimau, gajah, dan kucing hutan.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Genman Suhefti Hasibuan membenarkan adanya titik api di Taman Nasional GSK.

"Ya, benar. Sekarang sedang dilakukan pemadaman," ujar Genman, Minggu, 28 Juli 2024.

Genman mengatakan upaya pemadaman sudah dilakukan sejak Jumat, 26 Juli 2024, dengan melibatkan TNI, Polri, BBKSDA Riau dan Manggala Agni. 



Tim gabungan kesulitan melakukan pemadaman di darat, sehingga penyiraman pun dilakukan dari udara dengan mengerahkan helikopter.

"Akses ke lokasi sangat sulit dilalui. Asap kebakaran juga menyulitkan tim melakukan pemadaman. Jadi, pemadaman dibantu helikopter," jelas Genman.

Sementara itu, BBKSDA Riau belum dapat memastikan luas hutan di Taman Nasional GSK yang terbakar. Petugas masih fokus melakukan pemadaman.

"Kondisi di lokasi api cukup besar dan cepat menjalar, karena angin amat kencang dan berubah-ubah arah," kata Genman.

Menurut Genman, Taman Nasional GSK sangat jarang mengalami kebakaran secara alami. Pihaknya pun menyelidiki adanya kemungkinan unsur kesengajaan dalam kebakaran ini.

"Kalau menurut saya, sangat jarang sekali terbakar secara alami. Apakah ada unsur kesengajaan dibakar, ini masih kami selidiki," tutup Genman.