PPDB Gratis, Orangtua Waspadai Iming-iming Oknum Jual Kursi

PPDB-DI-SDN-Pekanbaru1.jpg
(Septri/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rangkaian Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) segera bergulir. Para orangtua diingatkan untuk waspada dan jangan percaya kepada pihak yang menjanjikan anaknya lulus dengan cara membayar.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal. Ia menyampaikan bahwa rangkaian PPDB tidak dibebankan biaya sedikit pun kepada orang tua calon peserta didik.

"Mereka bisa mendaftar secara gratis ke sekolah yang dituju. Jadi sekali lagi saya tekankan jika ada yang menjanjikan bisa masuk dengan membayar inilah yang kita awasi bersama," tegasnya, Rabu 12 Juni 2024.

Sementara untuk pengadaan baju seragam, kata Jamal, itu di luar PPDB. Menurutnya, pengadaan baju bukan rangkaian dari PPDB. 


"Kalau untuk pengadaan baju seragam itu lain, itu diluar PPDB," ujarnya.

Disdik Kota Pekanbaru mengingatkan pihak sekolah negeri tak melakukan praktik jual beli kursi saat PPDB. Ia ingin pelaksanaan PPDB bersih dari jual beli kursi atau gratifikasi dan harus transparan.

"Kami ingin PPDB tanpa biaya. Artinya, jual beli kursi tak ada," kata Jamal.

Adanya imbauan tersebut sesuai dengan pernyataan KPK yang melarang adanya gratifikasi dalam PPDB. Masyarakat pun bisa mengawasi pelaksanaan PPDB yang dilaksanakan secara online.

"Kita memang ingin dari awal ya PPDB gratis tanpa biaya, artinya jual beli kursi tak ada itu yang kita tekankan," tutupnya.