Posko Bujang Kampung Dinkes Siak Ramai Dikunjungi Warga

Posko-Bujang-Kampung-Dinkes-Siak-Ramai-Dikunjungi-Warga.jpg
(Hendra Dedafta/Riau Online)

RIAU ONLINE, SIAK - Warga berbondong-bondong mendatangi posko Dinas Kesehatan (Dinkes) di kegiatan Bujang Kampung yang dilaksanakan di Kampung Jatibaru, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak. 

Puluhan warga dari usia muda hingga lanjut usia datang silih berganti untuk periksa kehamilan dan cek kesehatan.  Posko ini menyediakan dua dokter spesialis anak dan obgyn, bidan, petugas kesehatan dan para ibu PKK, dilengkapi dengan peralatan serta obat untuk melayani warga. 

Salah seorang warga yang datang pada kegiatan tersebut adalah Rifa (25). Dirinya mengaku merasa sangat terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan gratis di program Bujang Kampung. 

"Alhamdulillah, dengan adanya program ini saya dan para ibu hamil bisa USG dan cek kehamilan gratis dan dekat, tidak perlu pergi jauh ke dokter di kota Siak," ucap Rifa, Jumat, 5 Juli 2024.



Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Siak, dr. Benny Chairuddin, menyebutkan bahwa pemerintah daerah kabupaten Siak sangat peduli dengan kesehatan masyarakat.

"Ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah Siak meningkatkan pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat," ucap Benny. 

Benny menyebutkan, pelayan kesehatan di program Bujang Kampung sama dengan pelayanan di Puskesmas dan RSUD, tersedia dokter spesialis alat dan obat. 

"Apabila ditemukan sakit ringan langsung diobati di tempat, namun apabila kategori sakit parah kita rujuk ke RSUD untuk pelayanan pengobatan lebih lanjut," terang Benny. 

Selain memberikan pelayanan kesehatan, melalui program ini kita bisa mendapat data kesehatan masyarakat. sehingga kita bisa terus memantau dan meningkatkan kesehatan serta pelayanan kepada masyarakat.