8 Helikopter Water Bombing Dikerahkan Atasi Karhutla di Riau

Heli-padamkan-karhutla-di-Siak.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Delapan unit helikopter water bombing dikerahkan untuk memperkuat satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

Terbaru, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendatangkan satu unit helikopter jenis MI 17 dari Vietnam, Selasa, 13 Agustus 2024, dan langsung dipersiapkan untuk operasi pemadaman karhutla.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, mengatakan helikopter ini akan segera dioperasikan setelah melalui verifikasi.

"Setelah verifikasi dan persiapan selesai, heli ini akan segera dioperasikan," jelas Edy, Selasa.



BPBD Riau optimis menangani karhutla dengan adanya helikopter tambahan. Delapan unit helikopter water bombing ini diharapkan mampu memberikan respon cepat dan efektif dalam memadamkan karhutla di sejumlah titik yang sulit dijangkau.

Edy pun turut mengimbau masyarakat agar berperan aktif mencegah karhutla dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar dan tidak membuang puntung rokok sembarangan, mengingat kemarau masih melanda Riau.

"Dengan delapan heli yang kita miliki sekarang, kita lebih siap. Namun, peran serta masyarakat dalam pencegahan juga sangat penting," ujar Edy.