17.111 KK di Kota Pekanbaru Terima Beras Cadangan Pangan Pemerintah

Dinal-husna.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) sudah disalurkan kepada warga Pekanbaru sejak Kamis, 8 Agustus 2024. Jumlah penerimanya sekitar 17.111 Kepala Keluarga (KK).

Beras CPP ini merupakan program Pemerintah Pusat, yang dijalankan melalui Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan Bulog. Adapun 17.111 KK merupakan daftar warga yang sebelumnya juga sudah menerima bantuan beras CPP sejak Januari 2024 lalu.

"Jumlah penerimanya kita data ada sekitar 17.111 KK di Kota Pekanbaru. Pembagiannya adalah 10 kilogram per 1 KK," ujar Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru, Dinal Husna.

Pihaknya telah melakukan pengecekan kualitas dan stok beras yang menjadi Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) di Gudang Bulog Wilayah Riau - Kepri, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.



"DKP Pekanbaru tadi sudah melakukan koordinasi bersama Bulog dan kita memastikan bahwa kualitas beras untuk CPP sangat baik dan kuotanya mencukupi," sebutnya.

Bantuan beras ini diharapkan dapat menyokong ekonomi warga yang terdata dalam mencukupi kebutuhan pangan pokoknya. Mereka juga menyiapkan stok yang akan dibagikan pada bulan Oktober dan Desember.

"Bantuan CPP untuk bulan Agustus inikan adalah tahap lanjutan. Bantuan ini sudah disalurkan sejak Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni dan Juli lalu. Kemudian, untuk stok yang sudah disiapkan bulan ini, akan dibagikan pada Agustus, Oktober dan Desember mendatang," tandasnya.

Program penyaluran beras CPP dalam rangka menjaga ketahanan pangan selama krisis akibat kondisi cuaca yang dipengaruhi El Nino dan faktor lainnya pada tahun ini.