Lapangan Pekerjaan Minim, Agung Dorong Pemerintah Bikin Pelatihan UMKM

penjual-makanan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, menyoroti kurangnya lapangan pekerjaan di Kota Pekanbaru saat ini, sebab masih menjadi keluhan di tengah masyarakat.

"Terkait aspirasi masyarakat masih seputar kesejahteraan, banyak aduan yang kita terima soal kurangnya lapangan pekerjaan. Padahal dari taraf pendidikan, Pekanbaru ini terbilang maju, mulai dari tamatan SMA hingga S2," kata Agung, Rabu, 2 Agustus 2023.

Agung menyebutkan, saat ini yang dibutuhkan masyarakat bukan hanya soal bisa menjadi pegawai honorer atau sejenisnya, namun juga bantuan dari pemerintah untuk mendirikan usaha sendiri.

"Mereka ini perlu dibimbing untuk usaha-usaha kecil, pelatihan untuk bagaimana menjadi wirausaha. Kita tahu, anak-anak muda di Kota Pekanbaru itu sangat kreatif, kita mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk memberikan bantuan tak sekedar seremonial saja. Maunya bantuan itu gampang diakses, gampang diterima," ujarnya. 

Politikus Demokrat itu pun mengaku mendapatkan aduan dari masyarakat mengenai persoalan pendidikan. Ia menyebutkan meskipun saat ini Pemprov Riau sudah membangun 3 sekolah baru, hal ini belum cukup menjadi solusi.

"Walaupun Pemprov saat ini sudah membangun 3 sekolah tambahan, tapi masih banyak juga aduan soal PPDB. Masyarakat diminta jangan ada pembeda seolah menjadikan salahsatu sekolah menjadi sekolah favorit," kata Agung.

 



 

 

 

Ditambahkannya, masyarakat masih saja mengeluhkan persoalan infrastruktur yang saat ini banyak jalan yang belum tersemenisasi, persoalan banjir hingga pembangunan sarana spiritual.

"Masyarakat juga meminta pembangunan sarana spiritual, seperti yang kita ketahui bahwa Kota Pekanbaru adalah kota yang religius. Masyarakat juga meminta kita untuk membantu pembangunan masjid, sehingga dapat meningkatkan kekhusyukan saat beribadah," pungkasnya.