2000 Peserta Riau Bhayangkara Run 2023 Terancam Berlari di Tengah Kabut Asap

Bhayangkara-Run-2023.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 2.000 peserta akan memeriahkan event Riau Bhayangkara Run 2023 yang dilaksanakan pada hari, Sabtu, 6 Agustus 2023 nanti.

Namun, 2.000 peserta tersebut, juga terancam mengalami gangguan kesehatan akibat asap dan akibat Karhutla tengah masif terjadi di Pekanbaru dan beberapa Kabupaten di Provinsi Riau. 

 

Terbaru, Karhutla terjadi di dua lokasi di Kota Pekanbaru, Selasa, 1 Agustus 2023 yakni di Jalan Darma Bakti Ujung, Kecamatan Payung Sekaki dan Jalan Badak  Kecamatan Tenayan Raya. 

 

Jika Karhutla tidak di atasi dengan cepat, besar kemungkinan kabut asap akan menyebar di Kota Pekanbaru dan mempengaruhi udara. 

 

Sebelumnya, Kebakaran lahan di Kota Pekanbaru kini tak terhindarkan. Satu hari ada lima kebakaran lahan terjadi di kota ini. Total luas lahan terbakar mencapai 2,78 hektar terjadi Selasa, 1 Agustus 2023 kemarin.

 

Kebakaran terjadi di lima lokasi berbeda yakni di Jalan Nila RT 01/ RW 07, Kecamatan Marpoyan Damai dan di bawah Jembatan Siak 4 Pekanbaru. Lalu ada di Jalan Perjuangan, RT 01/RW 01, Kecamatan Rumbai Timur dan Jalan Kutilang Sakti, RT 02/ RW 03, Kecamatan Bina Widya. 



 

Kemarin ada lima kejadian kebakaran lahan dalam sehari," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Alan Kurnia, Rabu 2 Juli 2023.

 

 

 

 

 


Dirinya menyampaikan bahwa upaya pemadaman terhadap lahan terbakar sudah dilakukan. Tim BPBD Kota Pekanbaru melakukan upaya pemadaman lahan terbakar bersama tim gabungan dari TNI, Polri, Damkar, Manggala Agni, PK Pertamina dan warga.

 

Sedangkan titik terakhir kebakaran lahan terjadi di Jalan Melati Ujung, RT 3/ RW 12, Kecamatan Kulim. Tim di lapangan pun berjibaku memadamkan lahan yang terbakar.