Kreatif Saja Tidak Cukup Namun Harus Tahu Tujuan

Pelatihan-Wirausaha-Muda-Kreatif.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat menghadiri Pelatihan Wirausaha Muda Kreatif yang mengusung tema pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tingkat lanjutan. Sasarannya untuk mencetak startup pemula.

Dalam pelatihan yang digelar di Grand Central Hotel, Pekanbaru, Rabu, 26 Juli 2023, ia mengatakan kepada mahasiswa yakni sebagai cikal bakal statup muda. Pelatihan ini kedepan diharapkan hadir kembali.

 

"Setidaknya dengan pelatihan sehari dua hari ini dapat memberikan dasar atau pemikiran mengenai dunia krativitas. Sehingga, tidak hanya bicara kreatif saja namun juga arah tujuan," katanya.

 

Lebih dalam, dalam dunia usaha kreatof harus bisa memberikan warna. Kemudian, bagi mahasiswa yang mengikuti giat ini juga dapat menginformasikan kepada teman-temannya hasil dari giat.

 

"Arah kami ke kampus yakni memiliki pola pikir ke depan berawal dari kampus. Disitu ada belajar dan wawasan anak muda di kampus berbeda dengan yang tidak kuliah. Harusnya seperti itu. Jika yang tidak kuliah lebih unggul juga tidak bisa dipungkiri bisa karena mereka mengikuti pelatihan. Begitulah pemikiran orang tanpa menempuh pendidikan resmi," ujarnya.



 

Kedepan menurutnya, pihaknya akan membuka kegiatan yang serupa. Mengenai perkembangan ekonomi kreatif di Riau yakni semakin bermunculan kreativitas masyarakat. Yakin dan optimis katanya hal yang diharuskan.

 

"Dalam waktu dekat akan diresmikan Riau Creative Hub yakni suatu bangunan tempat UMKM. Itu merupakan satu oerhatian khusus dimana ekonomi creative hal penting yang ditunjukan oleh pemerintah,"ungkapnya.