Laporan Linda Mandasari
RIAUONLINE, PEKANBARU- Pemasaran adalah salah satu perangkat dalam suatu bisnis, sistem pemasaran yang baik merupakan pendukung siklus hidup sebuah produk.
Pemasaran tidak sekadar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik dan ketersediaan bagi konsumen sasaran.
Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan konsumen. Teknologi informasi khususnya internet sangat mempengaruhi dunia marketing, sebutkan pemanfaatan internet untuk marketing dianggap sebagai trend setter.
Saat ini Riau Online akan membahas mengenai E-Commerce, Fakta komunikasi pemasaran modern, simak ulasannya berikut ini.
Komunikasi pemasaran modern
Secara umum tujuan sistem pemasaran adalah memaksimumkan konsumsi memaksimumkan utilitas kepuasan konsumsi memaksimumkan pilihan dan memaksimumkan mutu hidup kualitas kuantitas ketersediaan harga lingkungan.
Pemasaran modern memerlukan lebih dari sekedar pengembangan produk yang baik, penetapan harga yang menarik dan ketersediaan bagi konsumen sasaran. Perusahaan juga harus berkomunikasi dengan konsumen dan subjek yang dikomunikasikan harus membuka peluang.
Arah baru trend pemasaran di Indonesia dapat digambarkan dengan 6 hal yaitu pelanggan semakin kritis, pelanggan ingin mendapatkan layanan prim, pelanggan memiliki daya beli, pelanggan ingin lebih diperhatikan, situasi persaingan semakin kompetitif dan pengguna internet terus meningkat.
Pemasaran dan pelayanan prima tidak dapat dipisahkan, dan kedua hal tersebut saat ini dapat diakomodir oleh internet. Pengguna internet semakin meningkat dari tahun ke tahun, khususnya kalangan anak muda dan kondisi seperti ini harus diimbangi oleh pemasar dengan membuat website 2.0, dimana pelanggan dapat memperoleh informasi dari melakukan komunikasi dengan lebih cepat dan mudah.
Pemilihan media dalam melaksanakan komunikasi pemasaran sangat menentukan dalam keberhasilan pemasaran. Tahapan memilih media adalah memutuskan jangkauan, frekuensi dan dampak yang diinginkan.
Perlu langkah perencanaan dalam menetapkan media pemasaran yang didasarkan pada beberapa keputusan penting yaitu khalayak sasaran wilayah demografis waktu yang tepat dan efektivitas materi untuk dikomunikasikan.
E-Commerce, Fakta komunikasi pemasaran modern
Sistem informasi pemasaran
Sistem informasi pemasaran adalah sistem informasi yang mendukung perencanaan, kontrol dan pemrosesan transaksi yang dibutuhkan untuk penyelesaian aktivitas pemasaran seperti penjualan, advertising dan promosi.
Output yang disajikan oleh sistem informasi pemasaran dikenal dengan istilah 4P yang terdiri dari produk, place, promotion dan price. Sistem informasi pemasaran tidak hanya digunakan internal perusahaan atau organisasi namun juga dapat dimanfaatkan sebagai sistem informasi yang menjangkau ke pelanggan.
Aktivitas yang dikerjakan adalah penjualan produk ke pelanggan melalui sistem informasi dapat berupa website e-commerce.
E-commerce
Teknologi informasi khususnya internet sangat mempengaruhi dunia marketing bahkan pemanfaatan internet untuk marketing dianggap sebagai trend setter.
Hal ini terbukti dengan banyaknya usaha mulai mencoba menawarkan berbagai macam produk nya dengan menggunakan media internet. Hal ini telah berdampak pada kokohnya keyakinan pelaku usaha terhadap pentingnya peranan teknologi dalam mencapai tujuan finansial perusahaan melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis yaitu dengan menggunakan ecommerce.
Ecommerce merupakan salah satu keunggulan dari internet. Dengan e-commerce penjual dan pembeli dapat bertemu di dunia maya dengan perantara sebuah website, sehingga dapat melakukan transaksi tanpa batas ruang dan waktu hingga akhirnya di era sekarang ini tiada hari yang terlewatkan tanpa mendengar atau membaca istilah e-commerce di berbagai media informasi termasuk dalam jejaring sosial.
Sekian informasi mengenai E-Commerce, Fakta komunikasi pemasaran modern. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.