Aksi Solidaritas untuk Palestina di Kuansing Capai Setengah Miliar Lebih

solidaritas-Palestina-Kuansing.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Aksi solidaritas untuk Palestina di Kabupaten Kuansing berhasil kumpulkan donasi mencapai setengah miliar lebih.


Aksi solidaritas tersebut diikuti ribuan masyarakat di Kuansing digelar di Lapangan Limuno Kota Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kamis, 30 November 2023.

Aksi tersebut juga diikuti berbagai organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, mahasiswa dan sejumlah elemen masyarakat dengan tagline "Kuantan Singingi untuk Palestina".



Selain membentang dan mengibarkan bendera Palestina, peserta massa aksi berulangkali menyerukan penghentian perang dan mendesak perdamaian di bumi Palestina.

"Aksi ini adalah solidaritas masyarakat Kuansing atas bencana kemanusiaan yang terjadi di Palestina oleh zionis Israel," kata Ketua Panitia Aksi Solidaritas untuk Palestina, H Mulkan M Sarin disela-sela aksi berlangsung, Kamis pagi.

Menurutnya, aksi solidaritas untuk Palestina ini merespon fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 terkait dengan dukungan Indonesia untuk rakyat Palestina.

"Kegiatan ini juga bentuk respon kita terhadap fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang dukungan terhadap Palestina," katanya.

Dia berharap kepada peserta aksi untuk memberikan infak terbaiknya guna meringankan beban masyarakat Palestina. Kegiatan ini juga tidak lepas dari keikutsertaan ormas Islam yang ada di Kuansing.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan pimpinan ormas Islam dan seluruh elemen masyarakat Kuansing," katanya.

Aksi bela Palestina itu diikuti perwakilan dari berbagai pondok Pesantren dan organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), Kementrian Agama dan Pemkab Kuansing.

Sementara Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengatakan bahwa aksi solidaritas untuk Palestina ini menunjukkan kebersamaan warga Kuansing dalam membela Palestina.

"Aksi ini wujud kepatuhan kita kepada para ulama. Karena MUI telah mengeluarkan fatwanya, kita wajib mematuhinya," katanya.

Menurutnya, aksi solidaritas ini yang bisa dilakukan saat ini. Maka berikan zakat dan infak terbaik untuk membantu Palestina.

Hasilnya, dalam jangka waktu tidak lama panitia berhasil mengumpulkan donasi ratusan juta dan segera disalurkan ke Palestina.

"Hasil donasi mencapai setengah miliar lebih. Misalnya dari infak ASN Rp361 juta, PMI Rp33 juta, Kemenag Rp142 juta dan infaq Baznas dan Dewan Masjid Rp119 juta. Donasi ini akan kita salurkan melalui Baznas," tutup Mulkan M Sarin.