Banjir Luapan Sungai Batang Potai di Kuansing Surut, Kades: 2 Kali Kebanjiran

Banjir-sungai-batang-potai.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Banjir yang terjadi di Desa Pantai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuansing sudah surut pada Selasa 14 Maret 2023, malam.

Banjir terjadi karena tingginya curah hujan beberapa hari terakhir. Desa Pantai sendiri sudah dua kali terdampak banjir luapan Sungai Batang Potai. Selain Desa Pantai, Desa Lubuk Ramo juga sebagian ada yang terdampak.

"Sudah surut, ini banjir kedua yang terjadi di Desa Pantai karena meluapnya air Sungai Batang Potai," ujar Kepala Desa Pantai, Tamrin dihubungi Selasa 14 Maret 2023 kemarin.

Tamrin mengatakan, minggu sebelumnya juga terjadi banjir di Desa Pantai. Banjir terjadi pada Jumat, 10 Maret 2023. Kemudian banjir kembali terjadi pada Senin, 13 Maret 2023.



"Tahun ini dua kali warga kebanjiran, yang terparah itu pada Senin kemarin. Ada sekitar 120 rumah yang terendam," kata Tamrin.

Pada Senin malam, kata dia banjir sudah jauh surut. "Senin malam itu hanya ada satu rumah yang masih terendam sampai pukul 22.00 WIB malam. Tapi hari ini (Selasa,red) sudah tidak ada," katanya, Selasa.

Dia menyebut ketinggian air yang menggenang bervariasi, mulai 150 cm dan juga ada yang lebih tinggi. 

"Penyebabnya karena curah hujan tinggi, air dari sungai buluh dan sungai pati soni itu mengalir ke sungai batang potai, sehingga tak terbendung dan meluap," katanya.